Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran gaya magnet melalui model STAD pada siswa kelas V di sekolah dasar negeri 02 Loning Kabupaten Pemalang yang meliputi performansi guru, keaktifan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 02 Loning Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum menerapkan model STAD yaitu 58,81,  sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 76,92 mengalami peningkatan 18,11 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 87,04 mengalami peningkatan sebesar 10,12  poin dari siklus I. Keaktifan siswa dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,20 sedangkan siklus II memperoleh nilai 82,47 mengalami peningkatan 18,27 poin. Nilai rata-rata performansi guru pada siklus I 81,17 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 88,73 meningkat 7,56 poin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Division di SD N 02 Loning dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran.

The purpose of this research to improve the quality of learning through modelling of magnetic force STAD in grade V elementary schools in 02 districts Loning Pemalang which includes performance of teachers, student’s activiies, and learning outcomes. This study uses classroom action research design conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. Research subjects graders V SD Negeri 02 Loning the district. The results showed the average score before applying the model STAD is 58.81 while the average score reached 76.92 in the first cycle increased 18.11 points. In the second one the average score reached 87.04 an increase of 10.12 points from the cycle I. Active students in learning in the first cycle to obtain the average score of 64.20 while the second cycle increased 82.47 scoring 18.27 points. The average score of teachers' performance in the first cycle to the second cycle of 81.17 while scoring 88.73 up 7.56 points. It can be concluded that the application of the Student Teams Achievement Division at SD N 02 Loning can improve performance of teachers, student activities in learning, and learning outcomes.

Â