Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model cooperative script terhadap hasil belajar materi Perkembangan Teknologi pada peserta didik kelas IV. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tinggarjaya Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian ini mengambil semua anggota populasi dalam suatu kelas (intact group), dengan anggota sampel 28 peserta didik pada kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dan 23 peserta didik pada kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Analisis akhir menggunakan uji dua pihak dan uji satu pihak. Hasil uji hipotesis hasil belajar peserta didik dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t-test melalui program SPSS versi 17 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,062 dan ttabel sebesar 2,010, Ho ditolak.yang menunjukkan ada perbedaan. Hasil uji pihak kanan dengan penghitungan menggunakan one sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,365 dan ttabel sebesar 1,706, sehingga Ho ditolak.. Dengan demikian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model cooperative script lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional

The purpose of this research to know the effectiveness of a model of cooperative script on learning outcomes of the material of technological development on the fourth grade students. The research design is quasi-experimental with nonequivalent control group design form. The population in this research that the fourth grade students of SD Negeri 1 Tinggarjaya Banyumas academic year 2013/2014. The sample in this study takes all members of the population in a class (intact group), with 28 members of the sample of students in class IV B as the experimental group and 23 students in the class IV A as a control group. Data collection techniques included interviews, tests, observations, and documentation. Data analysis techniques using prerequisite test analysis and the final analysis. The final analysis using the two side test and one side test. The results of hypothesis test of student learning outcomes with calculations using formulas of independent samples t-test through SPSS version 17 shows that, 2.062 tcount and 2.010 ttable, then Ho is rejected that indicate a difference. The test results with calculations using the right side one ample t-test was obtained 3.365 tcount and 1.706 ttable, then Ho is rejected. So, learning outcomes of students who used the  model of cooperative script is better than the conventional model.