Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai kesejahteraan bagi semua umat manusia. Pendidikan yang berkualitas juga mencerminkan masyarakat yang maju dan modern. Pendidikan merupakan mesin budaya. norma setiap zaman berubah sinkron menggunakan perubahan yang dibawa sang proses pendidikan itu sendiri. Pendidikan mampu membentuk hal-hal yang kreatif, inovatif, menghadapi setiap era pembangunan. Bila suatu negara ingin membangun kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyatnya, pendidikan adalah elemen penting yang perlu dipersiapkan buat memenuhi cita-cita tersebut. Pendidikan adalah upaya sadar guru, peserta, dan siswa untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan siswa melalui kegiatan pendampingan dan/atau pendampingan untuk perannya di masa depan. Dunia pendidikan erat kaitannya dengan keberadaan siswa dan guru-siswa, sehingga proses pembelajaran berlangsung. Keberhasilan pendidikan tidak terlepas proses pembelajaran di sekolah, sehingga sekolah merupakan salah satu unit pelaksana pedagogik utama di lembaga pendidikan umum dan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari peran guru. Baik itu pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun pendidikan nonformal, peran guru merupakan salah satu peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam segala upaya peningkatan mutu pendidikan di tanah air, guru tidak terlepas dari berbagai hal yang berkaitan dengan keberadaannya. : (1)Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada kurikulum merdeka terutama pada kelas IV. (2) Faktor penghambat dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 02 Gunungsari Kabupaten Pemalang. (3) Solusi dari penghambat dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 02 Gunungsari Kabupaten Pemalang. (4) Upaya dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 02 Gunungsari Kabupaten Pemalang.