KEEFEKTIFAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan strategi card sort dalam pembelajaran Materi Kegiatan Jual Beli pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 2 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 dan 5 Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Metode analisis data penelitian meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan homogenitas serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,029 > 1,679) dan signifikansinya 0,00 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi card sort dan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian keefektifan model menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,441 > 2,0739) dan signifikannya 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi card sort efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Â
The purpose of this research is to test the effectiveness of strategy card sort on learning outcomes of Material Buy Sell Activity in 3th grade of Pekauman 2 State Elementary Schools Tegal City. The population of this research is the 3th grade Students of Pekauman 2 and 5 State Elementary School Tegal City amount of 54 students divided into two classes, 26 from experiment class and 28 from control class. The experiment design used in this research is quasi experimental with form of nonequivalent control group design. Data analysis methods include testing requirements analysis consists of normality and homogeneity test and a final analysis of hypothesis testing using t-test. The result of hypothesis test show that tcount > t table (5,029 >1,679) with the significant 0,00 < 0,05. So it can be concluded the difference on the student’s activity and achievement in Civics between the Grade Students of Pekauman 2 State Elementary School Tegal City which is applied with card sort strategy and grade which is applied with convensional model. The result of strategy’s effective show that tcount > ttabel (5,441 > 2,0739) and significant is 0,000 < 0,05. So, it can be concluded that card sort effective influence on student’s learning outcomes.