PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey deskriptif. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) seberapa besar pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Daerah Binaan II Kecamatan Ajibarang Banyumas yang berjumlah 345 dengan sampel 177 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Propotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana meliputi uji-t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel (9,134 > 1,973) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sejumlah 32,3%. Hal ini dapat diartikan bahwa 32,3% hasil belajar matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar, sedangkan 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
Â
This research is a quantitative study with descriptive survey method. This research aims to find out: (1) the effect of learning habit toward math achievement, (2) How much does learning habit effect the students math achievement. The population of this research was 345 students fifth grade of SD Negeri Binaan II Kecamatan Ajibarang Banyumas and the sample was 177 students. The sampling process was done by applying propotionate stratified random sampling. The method of collecting the data in this research was through unorganized interview, questionnaire, and documentation which were analyzed by using simple regression analysis including t-test and determination coefficient. The result of the research indicates that: (1) learning habit effects the math achievement significantly which is shown by t value > t table (9,134>1,973) and the significance value 0,000< 0,052, (2) the great effect of learning habit toward math achievement is 32,3%. It can be conclude that 32,3% math achievement was affected by learning habit, whereas 67,7% was affected by other factors which are out of this research.