Abstract

Penelitian ini tentang pembahasan Analisis Faktor Kesulitan Siswa Dalam mengerjakan Soal PAS Semester 1 mupel Matematika Kelas V SDN Pandansari. Faktor yang meneyebakan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari siswa meliputi, sikap belajar, minat belajar, serta motivasi belajar siswa . Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan siswa berasal dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, serta faktor media masa. Jenis penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian 25 anak sampel penelitian kelas V dengan jumlah 7 anak SDN Pandansari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pemeriksaan dokumen dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh: a.) faktor kesulitan mengerjakan PAS: faktor internal (minat siswa, intelegensi siswa, sikap belajar) dan faktor ekternal (lingkungan keluarga dan media elektronik). b.) penyebab kesulitan mengerjakan PAS : materi sulit dipahami dan siswa tidak meluangkan waktu untuk belajar. c.) upaya mengatasi: Upaya mengatasi kesulitan mengerjakan PAS matematika jika dilihat dari sudut pandang faktor penyebab yang berasal dari dalam diri siswa dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan orangtua peserta didik untuk saling membantu mengatasi kesulian yang dialami siswa. Kemudian upaya yang dapat mengatasi kesulitan mengerjakan soal PAS matematika berdasarkan faktor eksternal dapat dilakukan dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik, menggunakan metode belajar yang berbeda, serta menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Simpulan penelitian: 1. Pelaksanaan PAS semester 1 mupel matematika Kelas V SDN Pandansari Guru kurang menerapakan metode, model, serta media pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa saat melaksanakan belajar mengajar. 2. Setiap siswa memiliki tingakat kesulitan yang berbeda dalam pembelajaran matematika, Bentuk kesulitan siswa kesulitan mengerjakan PAS semester 1 mupel matematika yang dialami siswa kelas V SDN Panadansari yaitu: kesulitan fakta , kesulitan konsep , kesulitan keterampilan, dan kesulitan pemecahan masalah. 3. Faktor yang meneyebakan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal.