PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SEGUGUS HASANUDIN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL
(THE INFLUENCE OF THE LEARNING ENVIRONMENT AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR FIFTH GRADE STUDENTS AT SDN HASANUDIN CLUSTER DUKUHTURI DISTRICT TEGAL REGENCY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Gugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Lingkungan belajar dan kecerdasan emosional merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Lingkungan belajar yang kondusif dan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa akan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan wawancara awal diketahui bahwa lingkungan belajar siswa kelas V masih kurang kondusif dan kecerdasan emosional yang masih rendah, serta hasil belajar siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Gugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis pendekatan ex post facto. Variabel pada penelitian ini antara lain hasil belajar IPS (Y), lingkungan belajar (X1), dan kecerdasan emosional (X2). Jumlah populasi sebanyak 209 siswa kelas V di delapan SDN se-Gugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis teknik probability random sampling, sampel berjumlah 138 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, uji determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil data analisis korelasi sebesar 0,418 berarti terdapat hubungan yang sedang antara variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS dan terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 17,5%; (2) hasil data analisis korelasi sebesar 0,351 berarti terdapat hubungan yang rendah kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS sebesar 12,3%; dan (3) hasil data analisis korelasi sebesar 0,473 berarti hubungan yang sedang antara lingkungan belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS dan terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS sebesar 22,4%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS, terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS, dan terdapat Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Saran untuk guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar disekolah yang kondusif, nyaman dan menyenangkan. Guru juga diharapkan dapat memasukan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam menyampaikan materi serta mengajarkan rasa empati pada siswa.