Abstract

Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Untuk pelaksanaanpembelajaran Kurikulum merdeka menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan danketerampilan. Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuipengaruh penerapan kurikulum merdeka dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak struktur, angket dan dokumentasi nilai PAS IPAS siswa kelas IV SD diGugus Pangeran DiponegoroKecamatanPagerbarangKabupatenTegalsemester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan kurikulum merdeka berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS. Dapat dibuktikan dengan hasil uji t yaitu t hitung >t tabel (2,812>1,981), dan pengaruh penerapan kurikulum merdeka sebesar 6,6%. (2) motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS, dapat dibuktikan dengan hasil uji t yaitut hitung >t tabel (8,293>1,981), dan pengaruh motivasi belajar sebesar 38,3%. (3) penerapan kurikulum merdeka dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPAS, dibuktikan dengan uji F yaituF hitung >F tabel (38,572>3,078), dan memiliki pengaruh sebesar 41,2%.