Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Multimedia Interaktif pada Pokok Bahasan Konsep Konsumsi dan Tabungan, apakah pengembangan model pembelajaran dapat meningkatkan prestasi hasil belajar pada Pokok Bahasan Konsep Konsumsi dan Tabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemalang dengan jumlah sembilan kelas. Teknik penarikan sampel menggunakan Cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran yang diterapkan mampu membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran, berani mengemukakan pendapat kepada teman maupun guru, siswa dapat menghargai pendapat yang dimiliki siswa lain, membangun iklim kerjasama yang positif, dan menumbuhkan interaksi siswa dengan sesama teman dan guru sehingga menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar sehingga membuat proses belajar  efektif. Saran yang diajukan adalah model pembelajaran hendaknya memenuhi kriteria efektif, efisien dan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.

 

Abstract

___________________________________________________________________

The problem studied in this research is, how Model Development Learning Contextual Teaching and Learning Based on Interactive Multimedia Concepts Highlights Consumption and Savings, whether the development model of learning can improve learning outcomes achievement Concept Highlights Consumption and Savings. The population in this study were students of class X SMA Negeri 1 Pemalang by the number of ninth grade. Cluster sampling technique using sampling. The results showed that the development of applied learning model that is able to keep students actively involved in learning, dared to express opinions to friends and teachers, students may value the opinions of other students have, build a positive climate of cooperation, and foster interaction with fellow students and teachers so that make students more motivated to learn to make the learning process effective. The suggestions are learning model should meet the criteria of an effective, efficient and adapt existing knowledge development.