Abstract

Siswi SMK Negeri 1 Pati memiliki intensi (niat) berwirausaha perempuan yang masih kurang, serta didapat hasil penelitian yang berbeda antara penelitian satu dengan penelitian yang lain.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan bukti empiris Theory Planned Behavior (TPB) yakni sikap berperilaku (berani menghadapi resiko), norma subjektif (dukungan), efikasi diri (kepercayaan diri) berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan secara langsung dan pengaruh tidak langsung melalui motivasi sebagai mediasi.


Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Subyek dalam penelitian yakni siswi SMK Negeri 1 Pati berjumlah 134. Metode pengumpulan data menggunakan  kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis jalur (path analyst).


Hasil analisis data menunjukkan variabel sikap berperilaku, norma subjektif, efikasi diri berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan . Hasil uji jalur menyatakan variabel sikap berperilaku, norma subjektif dan efikasi diri dapat menggunakan variabel motivasi sebagai mediasi karena total effect dari setiap variabel bebas lebih besar dari pengaruh langsung (direct effect).


 Saran penelitian ini hendaknya siswi lebih aktif dalam memanfaatkan fasilitas sekolah seperti unit produksi dan bisnis center, serta rutin dalam mengikuti pelatihan-pelatihan ketrampilan yang diselenggarakan oleh sekolah maupun pemerintah.