PERILAKU MAHASISWA BIDIK MISI DALAM MEMBELI BUKU KULIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan bukti empiris dari perilaku mahasiswa bidikmisi dalam membeli buku kuliah.Dengan menggunakan pendekatan campuran stra egiembedded congruent, hasil analisis kuantitatif menemukan bahwa factor pribadi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi sekitar 26%. Faktor informasi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Faktor pribadi berpengaruh terhadap sikap berperilaku sekitar 24%. Faktor informasi berpengaruh terhadap control perilaku yang dipersepsi sekitar 23%. Sikap berperilaku berpengaruh terhadap niat sekitar 18%. Norma subjektif berpengaruh terhadap niat sebesar 19%. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap niat.Niat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi sebesar 17%.Sikap berperilaku tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Norma subjektif tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Faktor pribadi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Faktor informasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Analisis kualitatif menemukan bahwa pengaruh paling besar mahasiswa bidikmisi melakukan atau tidak melakukan pembelian buku karena alasanp restasi. Hasil kualitatif sejalan dengan hasil analisis kuantitatif. Mahasiswa bidikmisi harus melakukan pembelian buku dengan lebih bijak agar dana beasiswa teralokasi dengan efisien.
This research purpose is to analyze and find empirical evidence of Bidik Misi behavior in purchasing text books for their studies. By employing a mix method approach with embedded congruent strategy, quantitative result of this study found that personal factors influence behavior by 26% likewise. Information factor influence behavior. Personalfactors influence attitude toward behavior by 24% likewise. Information factors influence perceived behavioral control by 23% likewise. Attitude toward behavior influence intention by 18% likewise. Subjectif norms influence intention by 19%. Perceived behavioral controlinfluence intention. Intention influence behavior. Perceived behavioral control influence behavior by 17%. Attitude toward behavior influence behavior. Subjectif norms hasn’t indirect influence behavior. Perceived behavioral control hasn’t indirect influence behavior. Personal factors hasn’t indirect influence behavior. Information factors has indirect influence behavior. Qualitative analysis found that the most effect of Bidik Misi students do purchasing text books and do not purchasingtext books because achievement reason. Qualitative results in line with the results of quantitative. Students should be wiser in purchasing text books for their study to make sure that funding scholarship could be allocated efficiently.