Abstract

Literasi ekonomi telah menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia untuk dapat memahami dan membuat pilihan sehingga dapat mengenali dan menggunakan konsep ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan manusia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi ekonomi yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan kampus melalui motivasi belajar.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan uji secara parsial 1) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar. 2) lingkungan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar. 3) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap literasi ekonomi. 4) lingkungan kampus berpengaruh terhadap literasi ekonomi. 5) motivasi belajar berpengaruh terhadap literasi ekonomi. Uji jalur 6) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap literasi ekonomi melalui motivasi belajar. 7) lingkungan kampus berpengaruh terhadap literasi ekonomi melalui motivasi belajar. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung dan tidak langsung lingkungan keluarga, lingkungan kampus dan motivasi belajar terhadap literasi ekonomi. Semakin baik lingkungan keluarga dan lingkungan kampus akan mendorong mahasiswa untuk mencapai tujuan dalam belajar.


 


Literacy economy has become an important part that must be possessed by every human being to be able to understand and make choices and use economic concepts in order to improve human welfare. The aims of this research was to determine economic literacy which influenced by the family environment and the campus environment through learning motivation.The research used a quantitative method. Subjects of this study were 100 students in economic education of University Gunung Jati Cirebon. Analysis of data using path analysis.The results of data analysis shows. 1) the family environment affect of the learning motivation’s. 2) the campus environment affect of the learning motivation’s. 3) the influence of family environment on the economic literacy, 4) the campus environment’s effect of the economic literacy, 5) the learning motivation’s effect on the economic literacy, test ofpath analysis 6) the influence of family environment on the economic literacy through learning motivation and 7). the campus environment’s effect of the economic literacy through learning motivation. The conclusion of this study proves that there is a positive effect of direct and indirect family environment, campus environment and learning motivation toward economic literacy. The better the family environment and the campus environment will encourage students to achieve the learning purpose.