PENGARUH LITERASI KEUANGAN MELALUI RASIONALITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri se-Kota Semarang)
Abstract
Perilaku konsumtif disebabkan oleh keinginan pemenuhan kebutuhan yang berlebih termasuk para remaja. Siswa SMA di usia remaja seharusnya mampu mengelola keuangan yang dimilikinya secara tepat dan rasional. Rendahnya literasi keuangan berdampak pada rendahnya keinginan menabung yang berdampak pada kebiasaan belanja berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk menguji model perilaku konsumtif dengan rasionalitas sebagai variabel intervening literasi keuangan, serta untuk mengetahui pengaruh langsung literasi keuangan dan rasionalitas terhadap perilaku konsumtif. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar -48,5%, variabel rasionalitas berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar -20%, variabel literasi keuangan berpengaruh terhadap rasionalitas sebesar 26%, sedangkan untuk pengaruh tidak langsung literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif melalui rasionalitas adalah sebesar -53,7% dengan total effect sebesar -5,2%. Kesimpulan dalam penelitian ini, rasionalitas yang tinggi menurunkan perilaku konsumtif. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI Ilmu Sosial se-Kota Semarang dengan rasionalitas yang tinggi cenderung memiliki perilaku konsumtif yang rendah dan mampu memprioritaskan kebutuhannya dengan baik sehingga menekan perilaku konsumtifnya.
Consumer behavior caused by excessive desire fulfillment including teenagers. High school students in their teens should be able to manage its money appropriately and rationally. The effect of low financial literacy adversely will be spending habits of excessive and make people become consumptive. The research purpose is to analyze the models of consumptive behavior with rationality as an intervening variable between financial literacy and to determine the direct effect of financial literacy and rationality on consumptive behavior. By Employing a quantitative method. By using SPSS application the study try to analyze with path analysis. The result of this study found that financial literacy influence consumptive behavior by -48.5%, rationally influence consumptive behavior by -20%, financial literacy influence rationally by 26%, while for the indirect effect of financial literacy against on consumptive behavior through rationally by -53.7% with total effect by -5.2%. The conclusion of this study, the high rationality lowering consumer behavior. This suggests that a class XI student of Social Sciences as the city of Semarang with rationality that tend to have low consumption behavior and be able to prioritize their needs so well that pressing consumptive behavior.