Abstract

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Sertifikasi guru merupakan wujud perhatian yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kinerja guru. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru akuntansi tersertifikasi pada kompetensi profesional belum maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan guru dalam mengembangkan program keahlian akuntansi, berkomunikasi dengan komunitas profesi secara lisan dan tulisan, mengembangkan materi, struktur konsep dan pola pikir produktif akuntansi, kemampuan menerapkan SK dan KD akuntansi,  mengembangkan keprofesian berkelanjutan, melaksanakan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang akuntansi. Penelitian ini merupakan studi empiris dengan pendekatan mixed method. Subjek inti terdiri dari 10 guru. Metode pengambilan sampel adalah purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruhan kinerja guru akuntansi tersertifikasi di SMK Se-Kabupaten Grobogan adalah tidak baik. Kendala yang dihadapi guru akuntansi dalam mengembangkan keprofesiannya yaitu rendahnya motivasi berprestasi, keterbatasan waktu, pengetahuan yang kurang dan persepsi terhadap peraturan pemerintah yang belum tegas. Saran yang diajukan bagi guru hendaknya meningkatkan kompetensi profesionalnya, bagi kepala sekolah hendaknya memprioritaskan pengembangan profesi guru melalui pelatihan dan membentuk tim khusus untuk mengevaluasi kinerja guru.

 

Teachers are the most important component in the education system, must be a first, foremost and central concern. Teacher certification is a form of attention aimed at improving the welfare and performance of teachers. Based on the observation of the certified teacher’s performance in Grobogan their professional competence is not maximized. The aims of this research are to analyze the ability to: develop accounting skills program, communicate with professional communities orally and in writing, develop materials, structures, concepts of accounting and have productive mindset, skills in applying standart competencies and basic competencies of accounting subjects, develop a continual professionalism, carry out work experience relevant to the ccounting field. This research is an empirical study with a mixed method approach. Sample consist of 10 teachers. Sample is taken using random proportional technique. The data are collected by documentation, interviews, observation and questionnaires. Data analysis using mixed analisys and hypothesis test using wilcoxon test. The findings of analysis shows  that the overall performance of teachers certified in Grobogan’s vocational high school is not good. Based on the result, the following suggestions are made: the accounting teachers should improve their professional competence the principal should prioritize teachers' professional development.