PENGARUH PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah ada oengaruh pengetahuan kewirau-sahaan, kemampuan untuk memecahkan masalah terhadap minat kewirausahaan siswa.Popuulasi terdiri dari 270 siswa Bisnis dan Manajemen SMK dan sampel 100 siswa. Variabel independen adalah pengetahuan kewirausahaan, kemampuan memecahkan masalah dan variabel dependen minat kewirausahaan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan analisis dengan mengguna-kan analisis regresi berganda. Temuan1) Secara simultan ada pengaruh pengeta-huan kewirausahaan, kemampuan untuk memecahkan masalah terhadap minat kewirausahaan siswa. 2). tidak ada pengaruh secara parsial pengetahuan kewirau-sahaan terhadap minat kewirausahaan siswa: 3) terdapat pengaruh parsial kemam-puan untuk memecahkan masalah kewirausahaan terhadap minat kewirausahaan siswa.Disarankan agar (1) untuk meningkatkan minat kewirausahaan mahasiswa, guru harus memberikan bahan ajar sesuai dengan kondisi nyata., (2) Institusi pen-didikan i berorientasi kurikulum.
The objective of the research is to find out whether there’s impact from entrepreneurship, to solve students’ problems to students’ interest in entrepreneur. The population consists of 270 students of business and management SMK with 100 students as samples. The independent variable is enterpreneur knowledge, ability to solve the problems and the dependent variable is students’ interest in entrepreneur. The data are collected by using questionnaire and the analysis uses double regression analysis. The results are 1) Simultaneously the impact of en-trepreneur exists to solve the problem of students’ interest in entrepreneur, 2). Partially, there’s no impact of entrepreneur knowledge in entrepreneur’s impact of students 3) there’s partial impact to solve entrepreneur problem to the interest of entrepreneur in students. It is suggested to (1) the entrepreneur interest of the students, teachers should give the material based on real-ity, (2) educational institution which curriculum oriented.