Ajihermawan dan Rachel Jessica Pravitasari. (tt). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis) www.akselarasi.id
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasarevaluasi pendidikan. Jakarta: Bumiaksara.
Azzahri, C. K., Widjanarko, D., &Sudana, I. M.(2017). Pengembangan Instrument PenilaianPraktik Rias Pengantin Jogja Paes Ageng Pada Mata Kuliah Rias PengantinJawa. Journal Of Vocational And Career Education, 2 (1). P-ISSN 2339 – 0344 E-ISSN 2503 – 2305
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). 2006. Instrument PenelitianTahap II Buku Teks Pelajar Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan. (Tt.P., BSNP. 2006), Hlm.2-5.
Beny1, KlemensWedanaji P.2.(2019). PembekalanKewirausahaan KepadaPelajar SMA Muhammadiyah Melalui Metode Business Model Canvas (BMC). Prosiding PKM-CSR, Vol. 2. e-ISSN: 2655-3570.
David J. Teece. (2010). Business Models, Business Strategy and Inovation ,https://www.journals.elsevier.com/log-range-planning
Deutsche Gesell schaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. (2017). Panduan TeknisTeachingFaktory.
Fajaryati, Nuryake. 2012 “Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Surakartaâ€, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2 No 3, November 2012.
Fitrihana, Noor. 2017. Model Bisnis Kanvas Untuk Mengembangkan Teaching Factory Di SMK Tata Busana Guna Mendukung Tumbuhnya Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 5 No 2, Desember 2017.
Farihatun, S., Rusdarti. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS Versi 19.0. Semarang : UNDIP
Haris, Abdul. 2013 “Peran Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruanâ€, JurnalKiatBisnis , Vol 2 No 2, Juni 2013, UniversitasWidya Dharma Klaten
Hadromi. 2018. A Model For a Vocation School corporate/Industri Patnership to improve student’ technical skill. World Transactions on Engineering and Technology Education.vol. 16.No. 1, 2018.
Hartanto, C.F.B, Rusdarti, & Abdurrahman (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Seminar Nasional Pascasarjana 2019 Issn: 2686-6404
Ismail, E. 2015. “Pengembangan Model PembelajaranTechnopreneurship Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruanâ€. Tesis. Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Kuswantoro, Agung. 2014. Teaching Factory Rencana dan Nilai Entrepreneurship. Semarang: GrahaI lmu.
Komarudin, D. 2011. Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1) : 278-287.
Mahfud, T., & Pardjono. 2012. Praktik Pembelajaran Kewirausahaan Pada Unit Produksi Jasa Boga. Pendidikan Vokasi, 2(3), 27-40. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V211.1014
Melyana, I. P., Rusdarti, Pujiati, A. (2015). Pengaruh Sikap dan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha melalui self-efficacy. Journal of Economic Education, 4 (1).
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Muhasim. 2019. Pengaruh metode Active Learning Terhadap peningkatan Motivasi Dan Kreativitas Belajar Peserta Didik Di Era Globalisasi. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.vol 7 No 1, Mei 2019; p-ISSN 2338-2325;e-ISSN 2540-9697;108-130
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinekaCipta.
Noviyanto T, Utama P. 2015. Konsep PembelajaranDesign Thinking dan Business Model Canvas Pada Perancangan Produk Furniture. Dimensi Interior. Vol.13 No.1, Juni2015 : 55-62 ISSN 1693-3532
Osterwalder, Alexander., Pigneur, Yves. (2018). Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo
Permana, D. J. (2013). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas untuk Menentukan Strategi BisnisBaru. Faktor Exacta ISSN: 1979-276X , 309-319.
Pratami, N. C., & Wijaya, P. (2016). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen di Denpasar. Jurnal Sistem dan Informatika , 77-85
Purwidyantini, Prajanti & Widiyanto. (2017). “The Entrepreneurship Education Improvement Efforts Through Teaching Factory Students of Vocational High School Negeri 2 Kendal.â€
PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: PPM
Rusilowati, A. 2014. Pengembangan Intrumen Penilaian. Semarang :Unnes Press.
Rini, Lastri Sulistyo. 2019. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo . eprints.ums.ac.id
Sari, R. U. S. Rusdarti. Syamwil, R. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di SekolahKejuruan Wilayah Kalimantan Barat, Journal of Vocational and Career Education. JVCE 2 (2) (2017). p- ISSN 2339-0344 e- ISSN 2503-2305.
Saifuddin Azwar. 2013. Validitas dan reliabilitas. Ed.4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawati, T., &Karpin. (2018). Modul 6 (Produk Kreatif dan Kewirausahaan). Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/viewFile/8412/5283 tanggal 18 Apri 2019 pada pukul 18.00 WIB.
Siswanto, Ibnu. 2011. “Pelaksanaan Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi dan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik SMKâ€, Seminar Nasional Wonderfull Indonesia. Jurusan PTBB FT UNY.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif and R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranata, S. 2004. Analisis, Valiasi, Rentabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes :Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Terece William O’Neill, (2015), The Business Model Canvas as a Platform for Business Information Literacy Instruction. Journal Of Emerald Insight. Vol 43 Iss 3 pp.
Trihidayah, Desi N. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru DalamPenggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di Mtsn Pucang laban Tulun gagung. http://repo.iaintulungagung.ac.id/5544/
Yahya, Muhammad. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan PeluangPerkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Widiyanto. 2010. Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dudi Untuk Smk. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. V, No. 2. Hal. 103 – 116