Anggraeni Elly, Setiaji Khasan.2018.†Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswaâ€. Journal of Economic Education . Vol 7 No 1
Bawono, Adhi.2018.â€Pengaruh Perilaku Konsumen, Branf Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Belanja Onlineâ€. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan. Vol 2 No 2
Budanti, Indriayu, Sabandi. 2017. “Penagruh Lingkungan Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS
Dewi, Nurita.2017.â€Pengaruh Lingkungan Keluarga, eman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa†.Journal of Economic Education. Vol 6.
Ghozali, I.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harli. F.C, dkk. 2015.â€Pengaruh Financial Literasi dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Konsumtifâ€. Jurnal FINESTA Vol.3, No.1
Hidayanti, dkk.2017.â€Pengaruh Media Sosial, Konsep Diri dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtifâ€.Universitas PGRI Semarang
Hidayatun,umi.2015.†Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Imawati, dkk.2013.â€Pengaruh Financial Literasi Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013â€. Jupe UNS. Vol.2 No 1 Hal 48-58
Kadeni.2018.â€Pengaruh Media Sosial dan teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswaâ€. Equlibrium, Vol 6 No 1. STKIP PGRI Blitar: Universitas PGRI Madiun
Manongko, et al.2017.â€Consumption Behavior of Economics education Students Faculty of Economics, State University of Manado “.Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No. 3.
Mawo, Theodorus.2017.â€Pengaruh Literasi Keuangan, Konsep Diri dan Budaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 1 Kota Bajawaâ€. Journal of Economic Education. Vol 6. No 1
Mulyono. K. B. 2014. “Pengaruh Budaya, Faktor Sosial, Pembelajaran Konsumen Melalui Niat Konsumen Pada Siswa SMA Negeri Se Kota Semarangâ€. Journal of Economic Education(JEE). ISSN 2301-7341
Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: alfabeta
Putri, Sheila Febriani.2016.†Pengaruh Literasi Keuangan Melalui Rasionalitas Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Siswa Kelas Xi Ilmu Sosial SMA Negeri se-Kota Semarang). Jurnal of Economic Education. Vol 05. No 2
Rasyid, Rosyeni. 2012.â€Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padangâ€. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 1 No. 02 September 2012.
Rumingsih, Baiq Diyah.2016.â€Pengaruh sikap Konsumen dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Sosial dan Pengetahuan Ekonomi Terhadap Perilaku konsumsi siswaâ€. Jurnal of Economic Education. Vol 5 No. 02
Sabri, M. F., & MacDonald, M. 2010. Savings Behavior and Financial Problems Among College Students : The Role of Financial Literasi in Malaysia. Dalam jurnal Cross-Cultural Communication. Vol.6, No. 3. Hal 103-110
Schiffman. L. & Kanuk. L.L.2010.Perilaku Konsumen.Jakarta : PT INDEKS.
Sujarweni V.wiratma. 2020. Metodologi Penelitian : Lengka, Praktis dan Mudah Dipahami. Banguntapan Bantul Yogyakarta. PT. Pustaka Baru
Sukari, Th. Ani Larasati, Mudjijono dan Endah Susilantini.2013.Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta : Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.
Sukirno, Sadono. 2004. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi III. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suminar, E & Meiyuntari, T. 2015.†Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja†.Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Mei 2015, Vol. 4, No. 02, hal 145-152. Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
Suparti, 2016.â€Mitigating Consumptive Behavior: Th Analysis of Learning Experiences of Housewivesâ€. International Education Studies Vol. 9 No.03.2016
Umar, Husain. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Watung, S.2018.â€The Influence of Financial Literasi, Social Environment Faktors and Cultural Faktors to Consumption Behavior, (Survey on Faculty Of Economics Students, Manado State University-Indonesia)â€. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM). ISSN 2321-3418. Vol. 6.
- Abstract viewed - 1904 times
- PDF downloaded - 1588 times
Affiliations
Arifa Miftahul Jannah
Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Murwatiningsih Murwatiningsih
Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Nina Oktarina
Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
The Effect of Financial Literacy, Social Media, and Social Environment towards The Consumptive Behavior of Students at SMA Negeri Kabupaten Jepara
Vol 10 No 1 (2021): June 2021
Submitted: Jan 13, 2021
Published: Dec 6, 2021
Abstract
Consumptive behaviour is a behaviour of consuming products excessively. The aim of this study is to find out the effects of financial literacy, social media, and social environment towards the consumptive behaviour of the students at SMA Negeri Kabupaten Jepara. It is a quantitative research study. The population used was all the eleventh grade students of elective social sciences at SMA Negeri Kabupaten Jepara which amounted to 1315 students, with 307 students as the sample of study. The researcher used questionnaire as the data collection technique. This study used a descriptive percentage and multiple linear regression analysis as the method of analysis. Results of the study showed that financial literacy has a significant negative effect on consumptive behaviour by 20.16%, social media has a significant positive effect on consumptive behaviour by 43.16%, and the social environment has a significant negative effect on consumptive behaviour by 34.45%.