Abstract

Siswa SMA ternyata berkencenderungan berperilaku konsumtif, dan melakukankegiatan konsumsi yang tidak rasional. Disatu sisi mereka telah belajar tentang nilaihemat, dan rasional dalam mata pelajaran IPS ekonomi, tentunya hal ini berkontradiksidan menjadi kajian yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, faktor sosial, pembelajaran konsumen,sikap konsumen baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap perilakukonsumsi siswa SMA Negeri se Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan padasiswa SMA Negeri se Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini 1872 siswa,dengan sampel 220 responden melalui metode multi stage cluster proportional randomsampling. Variabel bebas terdiri dari budaya, faktor sosial, pembelajaran konsumen,sikap konsumen, variabel intervening niat konsumen dan variabel terikatberupa perilaku konsumen. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, teknikanalisis data menggunakan statisitik deskriptif angka indeks three box method, danmenggunakan SEM melalui software AMOS 18. Hasil penelitian menunjukan bahwabudaya, faktor sosial, pembelajaran konsumen, sikap konsumen berpengaruhterhadap perilaku konsumen baik secara langsung tidak langsung. Budaya mampumeningkatkan perilaku konsumsi secara rasional.Hendaknya dalam pembelajarantidak hanya fokus terhadap proses pembelajaran saintifiknya, tetapi juga penanamannilai, sikap dan karakter sehingga pendidikan konsumsi dapat diimplementasikandengan oleh siswa, sehingga menjadi seorang konsumen yang cerdas.

Students have tendency to be consumtive, do irrational consumption. Altough, they havelearned rational value which learned in economics, this is contradictory and also be interestingto study in further investigation. Aim of this study is to investigate influence of cultural,social factors, learning, attitudes wher directly or indirectly to students’s consumptionbehavior at SMAN in Semarang and whether cultural, social factors, learningand attitudewhose even more strongly to affect their intention, in order to be able to do smart consumption.Research population are 1872 students, and 220 sample thorugh multi stage cluster proportionalrandom sampling method. Variables consist of cultural, social factors, learning,atitude, intentions and consumer behavior. Technique to collect data use questionnaires, anddata analysis technique use descriptive statisitic three box method, and SEM via AMOS 18software. Result shows that culture, social factors, consumer learning, consumer attitudes haspositive and significant influence to consumer behavior wher directly or through consumerintentions. Good culture can improve rational consumption behavior. learning doesn’t onlyfocus in scientific learning, but also in internalizing values, atitude and character building,especially in consumption chapter, inorder to be able to be implemented by students, thus beinga smart consumer.