Abstract

Kinerja guru ekonomi di Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kota Semarangmasih rendah. Terbukti dengan hasil UKG dengan rata-rata nilai 56,11; 56,14 dan56,42. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhinya.Peneliti menguji pegaruh penerapan prinsip-prinsip good public governance (GPG)terhadap kinerja guru ekonomi dengan teacher’s work engagement sebagai mediator.Hasilnya, demokrasi merupakan prinsip utama dan pertama yang harus diterapkan.Demokrasi akan mempengaruhi transparansi, akuntabilitas, kewajarandan kesetaraan, dan budaya hukum. Prinsip-prinsip GPG tidak secara langsungmempengaruhi kinerja guru namun dipengaruhi oleh teacher’s work engagement.Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru ekonomi, maka sekolah sebaiknyameningkatkan teacher’s work engagement dengan menerapkan prinsip-prinsipgood public governance yang dimulai dengan demokrasi.

Economics teacher’s performance in Salatiga, Kabupaten Semarang and Kota Semarang islow. This is based on the teachers’ performance examination (UKG) by education ministry.Most of them have score 56,11; 56,14 and 56,42 in average. The researcher analyzes the influenceof good public governance (GPG) principles toward economics teacher’s performancemediated by teacher’s work engagement. The results of this study are democracy is the firstprinciple of GPG that must be implemented, after that democracy will influence transperancy,accountability, fairness, and law enforcement, in term, influence work engagement andthen influence economics teacher;s performance. So schools must implemente the GPG thatstarted by democracy and the the others principles. And finally that wiil increase work engagementand economics teacher’s performance.