Abstract

Masalah penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh sosialisasi kurikulum terhadapperencanaan pembelajaran, seberapa besar pengaruh perencanaan terhadappelaksanaan pembelajaran, dan seberapa besar pengaruh pelaksanaan terhadapevaluasi hasil pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh sosialisasi kurikulum terhadap perencanaan, pengaruh perencanaan terhadappelaksanaan, dan pengaruh pelaksanaan terhadap proses evaluasi. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas X pelaksana kurikulum2013 se Jawa Tengah. Sampel penelitian ini sebanyak 50 guru dari 25 sekolah didelapan kabupaten/kota yang penentuannya menggunakan teknik multistage. Hasilanalisis menunjukkan bahwa Sosialisasi kurikulum berpengaruh positif terhadapperencanaan, perencanaan berpengaruh positif terhadap pelaksanaan, dan pelaksanaanberpengaruh positif terhadap evaluasi hasil. Oleh karena itu disarankansosialisasi kurikulum, perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran,dan proses evaluasi hasil pembelajaran perlu ditingkatkan lagi.

Issues raised in this study is: how much the influence of socialization curriculum on planning,how much the influence planning on the implementation, and how much the influenceimplementation on the evaluation. The purpose of this research are to determine the effect ofsocialization the curriculum on planning, the effect of planning on the implementation, andthe effect of the implementation on the evaluation. This research uses a linear regression. Thepopulation of this research are teachers of tenth class implementing the curriculum 2013 inCentral Java. The research sample are 50 teachers from 25 schools in eight cities that determinationusing multistage sampling. The analysis showed that the effect socialization curriculumon planning by 28%, planning on the implementation by 49.2%, and implementation onevaluation by 48.7%. It recommended socialization curriculum, planning, implementation,and evaluating need to be increased again.