Abstract

Mata pelajaran ekonomi akuntansi di SMA khususnya pokok bahasan jurnal penyesuaianmasih jauh dari harapan, hal ini ditandai dengan prestasi belajar yangmasih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model faktual, menemukandesain model pembelajaran yang sesuai, dan menemukan tingkat keefektifan desainmodel pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitiandengan pendekatan research and development. Analisis ujung depan mengungkapperangkat dan pelaksanaan pembelajaran pada saat ini, studi pengembangan melibatkanahli dan praktisi untuk menghasilkan model hipotetik, dilanjutkan denganuji coba untuk mengetahui keefektifan model hasil pengembangan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa perangkat dan pelaksanaan pembelajaran belum efektif. Hasilpengembangan model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran berbasismasalah. Model pembelajaran yang dikembangkan melibatkan guru ekonomi,peserta didik, supervisor, dan pengamat. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa modelpembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keefektifan peserta didik denganhasil post-test mendapatkan nilai rata-rata 83,97 dengan persentase 96,67% pesertadidik tuntas belajar, secara klasikal tuntas diatas KKM, dan kelas eksperimenlebih baik daripada kelas kontrol. Pengembangan model pembelajaran yang dihasilkandari penelitian ini, memiliki ciri khusus menggunakan konteks masalah langsungbagi para peserta didik untuk memperoleh keterampilan pemecahan masalah.

Accounting economic subjects in high school , especially the subject of adjusting entries arestill far from complete, it is characterized by low learning achievement . The purpose of thisstudy to find factual models , finding the appropriate design study model , and found thelevel of effectiveness of the design study model to improve learning achievement . Methods ofresearch with research and development approach . Analysis of the front end and reveal theimplementation of learning at this point , the development of studies involving experts andpractitioners to produce a hypothetical model , followed by a trial to determine the effectivenessof the models of development . The results showed that the device has not been effectiveand the implementation of learning . The results of the development of appropriate learningmodel is the model of problem-based learning . Learning model developed involving economicsteachers , learners , supervisors , and observers . Test results show that the problem -basedlearning model can improve the effectiveness of learners with the results of the post-test meanscores 83.97 with 96.67 % percentage of students pass the study , in the classical completelyabove the minimum completeness criteria , and experimental class better than class control .Development of learning models generated from this study , have specific characteristics usingthe context of the direct problem for the learners to acquire problem-solving skills .