Abstract

Di dalam kurikulum dan pembelajaran terdahulu, guru lebih menekankan pada penguasaan materi sesuai dengan apa yang telah ditentukan didalam kurikulum. Didalam kurikulum 2013 menerapkan pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas 5M (mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan mengkomunikasikan) dalam pendekatan scientific learning oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada materi teknik dan strategi pemasaran dengan pendekatan scientific learning meliputi kegiatan 5M  menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa sebanyak 5 peserta didik mendapatkan nilai 95 dengan predikat A, 4 peserta didik mendapatkan nilai 90 dengan predikat A-, 10 peserta didik mendapatkan nilai 89 dengan predikat A-, 2 peserta didik mendapatkan nilai 87 dengan predikat A-, 3 peserta didik mendapatkan nilai 86 dengan predikat A-, 5 peserta didik mendapatkan nilai 80 dengan predikat B+, dan 6 peserta didik mendapatkan nilai 77 dengan predikat B+. Disimpulkan bahwa pembelajaran pada materi teknik dan strategi pemasaran dengan pendekatan scientific learning menunjukkan adanya respon dan keaktifan peserta didik yang sangat baik. Pendekatan ini dalam menyampaikan materi pembelajaran memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih mengembangkan ide kreatifnya.

The previous curriculum and learning, teachers emphasize mastery of the material in accordance with what has been prescribed in the curriculum. The curriculum in 2013 to apply scientific approach in the learning process. The purpose of this study was to determine the activity of 5M ( observe, ask, explore, reason and communicate ) in the scientific approach to learning by learners. Study used descriptive method kualitatif. data collection is done by direct observation, documentation and interview. The results showed that learning engineering materials and marketing strategies with scientific approach to learning includes 5M show good results. It can be seen from the results the evaluation study showed that as many as 5 students scored 95 with the notation A, 4 learners scored 90 with predicate A-, 10 students scored 89 with predicate A-, 2 students scored 87 with predicate A-, 3 learners scored 86 with predicate A-, 5 learners scored 80 with honors B +, and 6 learners scored 77 with honors B +. Concluded that learning in engineering materials and marketing strategies with scientific approach to learning shows the response and active learners excellent. This approach delivering learning material gives students the opportunity to further develop their creative ideas.