Amalia, Alfi & Hidayat, Wahyu. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UKM Batik Semarangan di Kota Semarang. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 282-294, Oct. 2012.
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). "Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal". Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. Universitas Brawijaya.
Anggrahini D.N, Rusdarti, Muhsin. 2020. Development Strategy of Smoked Fish Product in Increasing Business Income in North Semarang District. Journal of Economic Education, 9 (2) 2020 : 136–143, p- ISSN 2301-7341.
Asri, D. P. B. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Kebudayaan Melalui World Heritage Centre UNESCO. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 25(2), 256– 276.
Assauri, Sofjan. (1999). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Bonita, Farah. 2013. Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Batik Di Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2 (3) (2013), ISSN 2252-6889.
Kotler, Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Padyanawati, A. D, Hardjomidjojo, H. (2019). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Desa Tegalwaru, Kabupaten Bogor.
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, Vol. 7, No.1, 153-168, Maret 2019, ISSN : 2503-488X.
Perry, Martin. (2000). Mengembangkan Usaha Kecil dengan Memanfa’atkan Berbagai Bentuk Jaringan Kerja Ekonomi. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Polnaya, G. A. (2015). Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada UKM Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati. Semarang: Universitas Diponogoro.
Prasetyo, Eko P. 2019. Standardization, Comercialization and Productivity on Doormat Creativity Industries Competitiveness. Journal of Economics and Policy, Vol 12 (1) (2019): 12-26 DOI: https://doi.org/10.15294/jejak.v12i1.1 8182, p-ISSN 1979-715X.
Purba, S. L, Prasetyo. P. E. (2018) Analisis Faktor Produksi Terhadap Daya Saing Batik Semarangan. Economics Development Analysis Journal 7 (3) (2018), ISSN 2252- 6965.
Ramadhan D.S, Rusdarti. 2017. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Puri Maerakaca Terhadap Pedapatan Sektor Pariwisata Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 6 (2) (2017), ISSN 2252-6765.
Siregar, Abi Pratiwa. 2020. Upaya Pengembangan Industri Batik Di Indonesia (Batik Industry Development Efforts In Indonesia). Jurnal Dinamika kerjinan dan Batik Kemenperin, Vol. 37 No. 1, Juni 2020, Hal 79 – 92, P-ISSN 20874294.
Soesilowati, Etty. 2012. Strategi Kebijakan Peningkatan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Jurnal Manajemen & Bisnis, Volume 11, Nomor 1, Maret 2012.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini. 2015. Pengembangan Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Batik Dengan Menggunakan Analisis Value Chain. Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi Vol 15 No 2 (2015), ISSN 2621-8933.
Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).