Arifin Noor, Z. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 16(4). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i4.2336
Bianchi, C. (2015). Consumer Brand Loyalty in the Chilean Wine Industry. Journal of Food Products Marketing, 21(4). https://doi.org/10.1080/10454446.2014.885859
Boonlertvanich, K. (2019). Service quality, satisfaction, trust, and loyalty: the moderating role of main-bank and wealth status. International Journal of Bank Marketing, 37(1). https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2018-0021
Dayuwati, N., Rahadhini, M. D., & Indriastuti, D. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabh Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20(4).
Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi, 6(2).
Ekawati, R. D., Rusdarti, & Hadi, S. (2014). Pengaruh Citra, Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Wanita Persada Mandiri Salatiga. Economic Education Analysis Journal, 3(1).
Famiyeh, S., Asante-Darko, D., & Kwarteng, A. (2018). Service quality , customer satisfaction , and loyalty in the banking sector The moderating role of organizational culture. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(8). https://doi.org/10.1108/IJQRM-01-2017-0008
G.Saravanakumar, & Dr.JothiJayakrishnan. (2014). Effect Of Service Quality On Customer Loyalty: Empirical Evidence From Co-Operative Bank. Jurnal IJBARR, 2(2347).
Griffin, J. (2005). Customer loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Ed.rev.). Erlangga.
Hanafi, B. D., & Yohana, C. (2017). Pengaruh Motivasi, Dan Lingkungan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada PT BNI Lifeinsurance. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1). https://doi.org/10.21009/jpeb.005.1.6
Hariadji, R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekbank, 1(2).
Hidayat, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ketahanan Pangan, 3(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jmso/article/view/1941
Jaya, Y., Rusno, R., & Al Arsy, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Koperasi, Motivasi Berkoperasi Dan Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i2.3911
Karuniati, N. M. W., & Sugianingrat, I. A. P. W. (2021). Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Amertha Dana Lestari di Badung. Jurnal Widya Amrita, 1(1). https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1188
Khasanah, K., & Prof.Dr.Joko widodo, M. P. (2014). Pengaruh Persepsi Anggota Tentang Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Bunga Terhadap Loyalitas Anggota Di Koperasi Serba Usaha Barokah Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Economic Education Analysis Journal, 3(1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education, Inc.
Maghfiroh, S., & Rusdarti. (2016). Pengaruh Kepuasan, Antusiasme, Dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha. Economic Education Analysis Journal, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
MaulidiraTahta Al Fiah. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Jasa Go-Jek di Yogyakarta). Jurnal Faculty of Business and Economics, 1(1). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7861
Meftahudin. (2017). Pengaruh Kuwalitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Aryadana Wonosobo Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Vareabel Intervening. Jurnal PPKM II, 4(2). https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i2.420
Musdalifah, & Hasan, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Variabel Kepuasan Sebagai Mediasi di Kpri Makmur Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8002
Napitupulu, E., & Lukiyana. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada PT.Taksi Blue Bird Group Jakarta. Jurnal Media Manajemen Jasa, 5(2).
Nurjanah, R., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1). https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.40-53
Nurudin, N. (2017). Pengaruh Sharia Marketing terhadap Loyalitas Anggota KSPPS BMT Walisongo Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.28-41
Quyet, T. Van, Vinh, N. Q., & Chang, T. (2015). Service Quality Effects on Customer Satisfaction in Banking Industry. International Journal of U- and e- Service, Science and Technology, 8(8). https://doi.org/10.14257/ijunesst.2015.8.8.20
Rahmawati, A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah BNI Syariah Kediri. http://eprints.umm.ac.id/46690/
Rahmawati, Anita. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah BNI Syariah Kediri. Jurnal UMM Institutional Repository, 4(1).
Rahyuda, I. K., & Atmaja, N. P. C. D. (2016). Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Penerbangan Domestik Gia Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 15(3). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2011.v15.i3.2301
Ramadhani, N. M., & Rusdarti. (2018). Analisis Kinerja Koperasi pada Aspek Kualitas Aktiva Produktif dan Jatidiri Koperasi. Economic Education Analysis, 7(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Rusdarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BPD Jawa tengah Cabang Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jbs.13.1.54-65
Safitri, E., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center (Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center di Kota Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(1).
Saputra, F. I. (2013). Kualitas Layanan , Citra dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada PT Bank Bni 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3).
Sinaga, A. O., & Kusumantoro. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Motivasi Anggota Dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Wahana Artha Nugraha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5072
Solichin, I. A., Kantun, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Quick Chicken Jalan Jawa No. 63 Jember Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1). https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.4999
Sukmawati, I., & Massie, J. D. D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Air Manado. Jurnal EMBA, 3(3).
Sutrisno, Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Serta Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, 7(2). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/1230/990
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, dan Satisfaction. Andi.
Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7).
Utami, N. P. E. W., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Citra Koperasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha Wahyu Artha Sedana Di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, 1(1). https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1161
Wahyuni, L. I., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Pada Kartu Prabayar Simpati Telkomsel. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2). https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8560
Widhiantari, N. M. T., & Westra, I. K. (2021). Pengaruh Motivasi Anggota dan Sikap Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha Kertasari Sedana Banjar Kertasari Peguyangan Tahun 2020. Jurnal Arthaniti Studies, 2(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.5549464
Wirawan, I. D. G. K., & Firmani, P. S. (2021). Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas (Studi pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam Coblong Pamor di Denpasar). Jurnal Widyadari, 22(2), 416–428. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550319
Yanti, M. D., & Fitrayat, D. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen/Anggota Terhadap Loyalitas Konsumen/Anggota Pada KPRI Bahagia Jaya Gubeng Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p.
- Abstract viewed - 98 times
- PDF downloaded - 111 times
Affiliations
Muhammad Yusuf Zamzami
Postgraduate, Universitas Negeri Semarang
Rusdarti Rusdarti
Postgraduate, Universitas Negeri Semarang
Ketut Sudarma
Postgraduate, Universitas Negeri Semarang
The Effect of Service Quality, Image, Motivation on Loyalty Through Satisfaction in Women's Cooperatives
Vol 11 No 2 (2022): December 2022
Submitted: May 12, 2023
Published: May 12, 2023
Abstract
This study aims to determine whether the level of loyalty of members of women's cooperatives in Tulungagung Regency still needs to be improved so that the performance of women's cooperatives in the future increases and the goals of women's cooperatives will be achieved. The population in this study is the Women's Cooperative which carries out RAT and SHU distribution for 2 consecutive years (2020 – 2021) and the number of cooperative members is above 100 people, so there are 5,415 members from 36 women's cooperative units. The sample used was 358 members from 18 women's cooperatives, using proportional random sampling. Data analysis used descriptive analysis, classical assumption test, path analysis, and Sobel test. The results of hypothesis testing showed that there was a positive and significant effect on service quality, cooperative image, while cooperative motivation on member loyalty. There is a positive and significant effect of service quality on member loyalty through member satisfaction and cooperative image on member loyalty through member satisfaction, while cooperative motivation on member loyalty through member satisfaction and there is an effect of member satisfaction on member loyalty at the Women's Cooperative Tulungagung Regency.