Angraini, D., Murisal, dan Ardias. (2021). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana Sumatera Barat. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 84-100. https://doi.org/10.15548/alqalb.v12i1.2444
Arifah, C., & Subowo. (2018). Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal.
Arghode, V., Heminger, S., & McLean, G. N. (2020). Career self-efficacy and education abroad: Implications for future global workforce. European Journal of Training and Development.
Fadhila, D., Abd, D., & Bustamam, N. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa SMAN Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 82–91.
Instefjord, E., and Munthe, E. (2016). Preparing Pre-Service Teachers to Integrate Technology: An Analysis of The Emphasis on Digital Competence in Teacher Education Curricula. European Journal of Teacher Education, 39(1), 77-93. https://doi.org/10.1080/02619768.2015.1100602
Ivancevich, J. M. (2007). Human resource management. New York: Mc GrawHill.
Komariyah, S. (2016). Dimensi dalam Efikasi Diri Mahasiswa Pengaruhnya pada Kesiapan Menjadi Pendidik yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Ke-2.
Kongcharoen, Jinda Onmek, , Nutthajit, Jandang Panaya and Wangyisen Sukanya.2020
Stress and work motivation of primary and secondary school teachers. Journal of Applied Research in Higher Education. 12 ( 4), 2020, 709-723
https:// 10.1108/JARHE-04-2019-0088
Lian, L. H., & Cheng, G. P. (2018). Keprihatinan Guru Terhadap Pelaksanaan Tugasan Projek Pentaksiran Berasaskan Sekolah (Pbs) Prinsip Perakaunan Sijil Pelajaran Malaysia (Spm). JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 6(2), 1-10
Lomi, A. N. K., & Mbato, C. L. (2021). Investigating Indonesian
pre-service English teachers: perceptions and motivations to enter the teaching profession. Journal on English as a Foreign Language, 11(1), 125-151. https://doi.org/10.23971/jefl.v11i1.2396
Nisa, A. N. S. (2016). Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP Se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1(1), 60-67.
Nuraini, N. (2018). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Kinerja Perangkat Pemerintah Desa Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi).
Nur’Aini, D., & Nikmah, C. (2020). Pengaruh penguasaan teknologi informasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(2), 250-266.
Öngören, S. (2021). Investigation of Prospective Preschool Teachers' Digital Literacy and Readiness to be a teacher Levels. International Journal of Modern Education Studies, 5(1), 181-204. http://dx.doi.org/10.51383/ijonmes.2021.90
Prikshat et al. 2019 Work-readiness integrated competence model Conceptualisation and scale development Education + Training. 61 ( 5)pp. 568-589
DOI 10.1108/ET-05-2018-0114
Puspitasari, W., dan Asrori. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061-1078.
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173-188Sari, R., &
Rusdarti, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga melalui Self -Efficacy terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135 - 146. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41020
Rata-Rata Gaji Guru di Indonesia Berbanding Negara Lain (idntimes.com)
Safitri, R. D., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dalam Memasuki Dunia Kerja Di Stkip Pgri Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(2), 102-110.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanti, T., & Mahmud, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Profesi Guru, dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal. Vol. 3.
Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.
Yeşil, Hülya. (2010). The Relationship Between Candidate Teachers’ Communication Skills and Their Attitudes Towards Teaching Profession. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 919-922.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.259.