Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Tingkat Kecerdasan, Motivasi, Tingkat Sosial Ekonomi dan Kemampuan Adaptasi Lingkungan Siswa sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Mranggen Tahun 2014.  Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Mranggen  berjumlah 280, sampel berjumlah 75 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan Proportional Cluster Random Sampling. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik terdiri atas uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dengan analisis jalur. Selain analisis jalur dalam menentukan signifikansi variabel intervening,  juga digunakan Sobel Test Calculator for the Significance of Mediation dan SPSS 19.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap  prestasi belajar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat sosial ekonomi terhadap kemampuan adaptasi lingkungan siswa. Terdapat pengaruh positif kemampuan adaptasi lingkungan terhadap prestasi belajar. Tidak terdapat pengaruh tingkat sosial ekonomi terhadap  prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas, untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi maka perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhinya yaitu tingkat kecerdasan, motivasi, tingkat sosial ekonomi dan kemampuan adaptasi lingkungan siswa.

 

The aim of this study was to analyze Effect of intelligence, motivation, social economy and Adaptation Capabilities Environment as an intervening variable Against Student Learning Achievement Economy Class X SMA Negeri 1 Mranggen 2014. The population was 280 students of SMAN 1 Mranggen. The sample was 75 students. Determination of the sample by proportional cluster random sampling. Data collection used questionnaire and testing. Data analysis was performed with descriptive analysis of the variables, the classical assumption and hypotheses test. Classical assumption test consists of normality, multicollinearity and heteroscedasticity test. To determine the significance of intervening variables used path analysis and Sobel Test Calculator for the Significance of  Mediation and SPSS 19. The results show there is a positive and significant effect of intelligence on learning achievement, learning achievement motivation, socioeconomic level of students environmental adaptability and the environment adaptability to learning achievement There is no influence of socioeconomic level on learning achievement. Based on the results, to improve learning achievement economy it is necessary to pay attention to the factors that influence it, namely the level of intelligence, motivation, socioeconomic level and adaptability of the student environment.