Abstract

Perkembangan dunia otomotif serta pemasarannya pada era globalisasi sekarang ini telah berkembang menjadi begitu kompleks dan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor. Permasalahan ini muncul pada PT. Astra Honda Motor yang menciptakan motor matik perdana yaitu Honda Vario, tetapi dengan berjalannya waktu jumlah penjualan masih berubah – ubah yang dijual di dealer Astra Motor Tegal. Penelitian ini dilakukan melalui survei 89 responden pada pembeli sepeda motor Honda  Vario. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik insidental sampling, yaitu sampel yang dipilih yang secara kebetulan ditemui. Pengumpulan data dilakukan  dengan menggunakan  alat dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode penelitian menggunakan  kuantitatif dengan menggunakan model Path Analysis (Analisis Jalur) dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan(1) X1 berpengaruh signifikan terhadap X3 sebesar 0,488 (2) X2 berpengaruh signifikan terhadap X3 sebesar 0,133 (3) X1 berpengaruh signifikan terhadap Y sebesar 0,305 (4)X2 berpengaruh signifikan terhadap  Y sebesar 0,432 (5) X3 berpengaruh terhadap Y sebesar 0,253 (6) X1 berpengaruh signifikan terhadap Y melalui X3 sebesar 0,305 (7) X2 berpengaruh signifikan terhadap Y melalui X3 sebesar 0,432. Saran yang disampaikan perusahaan otomotif motor Honda perlu meningkatkan pencitraan dan penguatan merek melalui atribut produk agar meningkatkan nilai konsumen terhadap keputusan konsumen.

 

The development of automotive with marketing in this globalization era has been develop become complex and full of innovation by PT.  AHM. This problem PT. AHM the compose matic motorcycle first that is Honda Vario, but be going time amount sell  changeable the Dealer Astra Motor Tegal. The research by  89 responden to the user of Honda Vario . The used of sample technique in this research is insidental sampling, technique this sample with choise the people that we find. The collection of data using tool in quesioner form which shared to the responden.The technique of collection data using quesioner. Research methode with quantitative and using path analysis model with SPSS programe. Analysis result X1 influence the significant of X3 0,488; X2 influence the significant of X3 0,133; X3 influence the significant of Y 0,305; X1 influence the significant of Y 0,432; X2 influence the significant of Y 0,253; X1 influence the significant of  Y from X3 0,305;X2 influence the significant of Y from X3 0,432. Suggestions submitted of Honda  motorcycle automotive company need to increase imaging and brand strengthening by product attribute order to increase  perceived customer decision.