PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEPRIBADIAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK SE-KABUPATEN BLORA
Abstract
Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan kepribadian wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan kepribadian wirausaha terhadap minat berwiruasaha baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK se-Kabupaten Blora tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 4295 siswa. Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 366 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan kepribadian wirausaha sedangkan variabel terikat adalah minat berwirausaha. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (3) kepribadian wirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, dan (4) pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha.
Â
The interesting of entrepreneurship is influenced by several factors, among others knowledge entrepreneurial, family environment, and entrepreneurial personality. This research purpose to know effect knowledge entrepreneurial, family environment, and entrepreneurial personality on interest enterpreneurship as partial or simultan. This research is quantitative research. The population in this research were all students of XII class SMK in Blora regency year 2014/2015 amount to 4295 students. The sample was obtained by Cluster Random Sampling technique is 366 students. Independent variable is knowledge entrepreneurial, family environment, and entrepreneurial personality whereas dependent variable is interest entrepreneurship. Methods of data collection using questionnaire and documentation. Methods of data analysis using descriptive analysis, and multiple linier regression analysis. The results showed that (1) knowledge entrepreneurial has positive influence on interest entrepreneurship, (2) family environment has positive influence on interest entrepreneurship, (3) entrepreneurial personality positive influence on interest entrepreneurship and (4) knowledge entrepreneurial, family environment and enterpreneurial personality have influences on interest entrepreneurship.