PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA MENGGUNAKAN CD AMM INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Wahyu Candra Dewi

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu media yang digunakan untuk belajar. Berdasarkan pengamatan, banyak media pembelajaran yang diciptakan tanpa memperhatikan kebermaknaannya bagi siswa dan tidak jarang, jauh dari kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Penelitian tentang pengembangan media pembelajaran, berdasarkan bahan ajar yang sudah ada kemudian dikemas (dikembangkan) menjadi sebuah media pembelajaran berbantuan CD interaktif. Pengembangan media pembelajaran menggunakan CD interaktif untuk materi apresiasi drama menjadi salah satu solusi bagi siswa dalam belajar menyimak. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan modifikasi desain penelitian dan pengembangan pendidikan. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu respon terhadap pengembangan media pembelajaran apresiasi drama menggunakan CD AMM interaktif tergolong positif, manfaat pengembangan media pembelajaran apresiasi drama menggunakan CD AMM interaktif tergolong baik, serta keterbantuan dan kesenangan belajar menggunakan media pembelajaran apresiasi drama menggunakan CD AMM interaktif menunjukkan hal positif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran apresiasi drama menggunakan CD AMM interaktif dapat dijadikan salah satu alternatif peningkatan keberhasilan menyimak siswa karena di dalamnya terdapat unsur asyik, menarik dan menyenangkan.

 

Student learning outcomes are influenced by several factors, one of which media are used to study. Based on observation, many media lessons are created without regard used for student and not infrequently, much of the competencies to be achieved by students. Research of development of media-based learning materials that already exist and then packaged (developed) into an interactive cd-assisted learning media. development of interactive media for learning to use cd drama appreciation of the material to be one solution for students to learn listening. Development of research was conducted using a modified design of the study and development of education. The results of this development is a response to the dramatic appreciation of the development of intructional media using an interactive AMM CD quite positive, appreciation of the benefits of the development of instructional media using AMM CD interactive drama is fair, as well as relief and pleasure of learning to use the media plays an appreciation of learning using interactive AMM CD showed positive. So, it can be concluded that the development of an appreciation of learning media using interactive AMM CD drama may be one alternative to increase student listening success because in it there are elements of fun, interesting and fun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##