PEBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CONCEPT ATTAINMENT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGITIGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wiyono -

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model concept attainment untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga kelas VII yang valid, praktis, dan pembelajaran efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dilakukan dengan mengacu pada model dari Plomp. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), CD Pembelajaran, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Uji coba dilakukan pengamatan proses pembelajaran dan keaktifan belajar peserta didik. Diakhir pembelajaran dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah, pengisian angket respons peserta didik, dan angket motivasi. Hasil penilaian dari validator diperoleh perangkat pembelajaran matematika dengan model concept attainment yang valid, dengan rata-rata 3,43. Dari hasil analisis data  uji coba diperoleh bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan yaitu  respons peserta didik dan hasil pengelolaan pembelajaran tergolong positif atau baik, serta memenuhi kriteria keefektifan yaitu (1) pembelajaran tuntas, menggunakan uji proporsi; (2) rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah kelas uji coba lebih baik dari pada kelas kontrol, menggunakan uji kesamaan dua rata-rata; dan (3) keaktifan dan motivasi berpengaruh terhadap tes hasil kemampuan pemecahan masalah  peserta didik sebesar 57,5%, menggunakan uji regresi dan (4) kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen meningkat sebesar 0,661 dengan kategori sedang, menggunakan uji Gain.


This study aimed to provide mathematics learning devices with concept attainment model on the triangle material of the 7th grade students that are valid, practical, and effective. The development of mathematics learning devices is done by referring to the model of Plomp educational development. In this study, it developed the mathematics learning devices. The learning devices consist of Syllabus, Lesson Plan, Students Worksheet, Lesson with Multimedia CD, and the problem solving ability. In this experiment the process observation of learning proces and the student’s participation were done. Beside that at the end of lesson there was problem solving test, the students’ response questionnaires and motivation questionnaires The results of assessment data analysis from the experts validation obtained the valid mathematics learning devices with concept attainment model waith the mean of 3,43. From the result of data analysis of the experiment, it was obtained that the learning devices are qualified for the practicality criteria. They are the students’ response and the results of the learning management are good or well and it is also qualified for the effectiveness criteria: (1) learning is chefment minimum criteria; (2) the mean of problem solving ability results was better than the control class using the similary of two means; and (3) the students’ activity and motivation influenced the test of problem solving ability results about 57,5, and (4) the problem solving ability was increase 0,661 stated in the medium category using Gain test.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anitah, S. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta: FKIP UNS.
Jonson, E.B. 2002. Contectual Teaching and Learning. What it is Here to Stay Thousand oaks, California. Corwin Pres. Inc.
Joyce, B., M. Weil dan E. Calhoun. 2009. Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Diterjemahkan oleh Achmad F dan Ateilla. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. 2009A. Kurikulum yang disempurnakan (Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rochmad. 2011. Skema kognitif pemecahan masalah. (online) http:/blok.unnes.ac.id/rochmad/files /2011/03/ARTIKEL3-ROCHMAD-REVISI.pdf(diunduh 17 Januari 20011)
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metoda Penelitian Pendidikan. Ban-dung: Alfa Beta.
Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.