Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian psikomotor senam lantai menggunakan alat pada materi guling depan, guling belakang, lompat kangkang dan lompat jongkok yang valid, reliabel dan praktis. Data diperoleh di SDN Baturintang dengan subjek uji coba skala kecil 10 siswa, sedangkan uji coba skala luas 50 siswa. Analisis data menggunakan triangulasi sumber, validitas butir, analisis faktor comfimatory (CFA), relibilitas intra-kelas koefisien (ICC) dan uji kepraktisan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil validitas butir skala kecil untuk guling depan 14 butir dan 1 butir tidak valid, guling belakang 15 butir dan 1 butir tidak valid, sedangkan untuk lompat kangkang dan lompat jongkok valid dari 16 butir. Nilai reliabilitas skala kecil untuk materi guling depan 0.88, guling belakang 0.92, lompat kangkang 0.97 dan lompat jongkok 0.96. Instrumen yang dikembangkan valid secara konstruk karena mampu menjelaskan variasi keseluruhan pada materi guling depan sebesar 72%, guling belakang 74%, lompat kangkang 70% dan lompat jongkok 74%. Nilai reliabilitas ICC materi guling depan 0.983, guling belakang 9.87, lompat kangkang 0.984 dan lompat jongkok 0.984. Hasil uji kepraktisan menunjukkan instrumen guling depan pada angka 33 dalam kategori “praktisâ€, guling belakang 34, lompat kangkang 35 dan lompat jongkok 35 dalam kategori “sangat praktisâ€.
The propuse this research to produce an assessment instrument psychomotor gymnastics floor using a material roll forward, roll back, straddle jump and jump squats are valid, reliable and practical. Data obtained in SDN Baturintang with Subject for limited scale try out was 10 students, meanwhile subject for a larger scale try out was 50 students. The method used research and development (R&D). Analysis of data using triangulation sources, validity,factor analysis comfimatory (CFA), reliability intra-class (ICC) and practicality test. The result of validity on item for little scale forward roll 14 valid and 1 invalid, back roll 15 items and 1 ietm is not valid, straddle jump and squat jump for each 16 items. The reliability score for little scale of front rolling is 0.88, back rolling 0.92, straddle jump is 0.97 and squat jump is 0.96. The developed instruments were valid in term of construct vaidity (CFA) because they are able to explain the variation entirely on material of front rolling with 72%, back rolling 74%, straddle jump 70% and squat jump 74%. Scor of reliability ICC on average for material of forward roll 0.983, back roll 9.87, straddle jump 0.984 and squat jump 0.984. The result of practicality showed that instrument of front rolling is in number 33 or categorized ‘practical’ for back rolling 34, straddle jump 35 and squat jump 35 and they are three categorized into ‘very practical’.