PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS SMA NEGERI DI KABUPATEN CILACAP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sulthoni Akhmad
Haryono Haryono
Fakhruddin Fakhruddin

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru, namun kompetensi profesional guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Cilacap masih rendah. Indikator rendahnya kompetensi profesional guru tersebut di antaranya hasil UKG bahasa Inggris tahun 2012 rata-rata 34,42, prosentase daya serap mata pelajaran bahasa Inggris SMA (Jurusan IPA/IPS/Bahasa) tingkat kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2012/2013 masih di bawah daya serap tingkat provinsi dan tingkat nasional, pemantauan dan pembinaan profesional guru oleh pengawas dan kepala sekolah belum berjalan efektif. Hasil penelitian secara deskriptif bahwa supervisi model faktual yang dilaksanakan oleh pengawas dan kepala sekolah belum berjalan efektif. Analisis kebutuhan guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Cilacap, tentang supervisi klinis 76% (cukup tinggi). Hasil uji efektifitas terbatas model supervisi klinis dengan Pendekatan lesson study terhadap 6 guru model dengan analisis uji paired two sampel t-test menunjukkan peningkatan rata-rata nilai supervisi sebelum eksperimen 72 menjadi 78 sesudahnya. Hasil hitung ttest dengan derajat kesalahan 5% dan dk n-1=5 sebesar 1,333 dikorelasikan dengan distribusi nilai ttabel menunjukkan nilai 2,015 kategori signifikan. Respon guru model sesudah eksperimen meningkat dari 76% menjadi 87%. Efektivitas model supervisi klinis dengan Pendekatan lesson study lebih baik dari model supervisi faktual.

Professional competence of teachers is a competency that should be owned by every teacher, but the professional competence of teachers of English high schools in Cilacap still low. Poor indicator of professional competence among teachers of English UKG result in 2012 average 34.42, the percentage of subjects absorption for English (Classese of IPA/ IPS/Language) Cilacap district level of the school year 2012/2013 was still below the absorption provincial and national level, monitoring and professional development of teachers by supervisors and principals have not been effective. This research method using the method of research and development (R & D). The results of descriptive studies that supervision factual models imple­mented by supervisors and principals have not been effective. Analysis of the needs of teachers of English high schools in Cilacap regency, about 76 % of clinical supervision (high enough). Test results limited effectiveness of clinical supervision models based on 6 teacher lesson study model with a two sample test analysis of paired t-test showed the increase in the average value of supervision before experiments 72 to 78 afterwards. Count the results of t-test with degrees of error of 5% and df = 5 n-1 correlated with the distribution of 1,333 ttabel value indicates the value 2.015 significant category. Response after experimental model teacher has the imp­rovement of 76 % to 87 %. The effectiveness of clinical supervision models based lesson study model of supervision is better than factual.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Borg, Walter R, Meredith Damin Gal. 1983. Educational Recearch : An Introduction. New York & London : Longman.

Disdikpora Kabupaten Cilacap. 2013. Laporan Analisis dan Evaluasi Pelaksanaan Ujian Nasional Kabupaten Cilacap Tahun 2012/2013.

Glanz, J. 2012. “Improving Instructional Quality in Jewish Day School and Yeshivot:” Best Practices Culled from Research and the field. New York, N.Y. 10033: Yeshiva University.

Glickman, CD. 2002. Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, Virginia USA: ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development).

Hendayana, S. 2006. LESSON STUDY: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI PRESS.

Miles, Mathew B. dan A. Michael Huberman. 1988. Qualitative Data Analysis. Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi. 1992. Analisis Data Kualitatif.Jakarta: Universitas Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Rachman, Maman. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral dalam Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Campuran, Tindakan, dan Pengembangan. Semarang: UNNES Press.

Riduwan, 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Subadi, Tjipto, Rita Pramujiyanti Khotimah & Sri Sutarni. 2013. A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. Macrothink Institute International Journal of Education ISSN 1948-5476, Vol. 5, No. 2. http://dx.doi.org/10.5296/ije.v5i2.3831. (Diunduh tanggal 20 September 2013).

Sudjana, N. 2011. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya Bagi Supervisor Sekolah (Seri Kesupervisoran). Cetakan Kedua : September 2012. Bekasi: Binamitra Publishing.