PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Delyanti Azzumarito Pulungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen literasi matematika model PISA (Programe International Student Assessment) untuk peserta didik usia minimal 15 tahun atau setingkat siswa SMA kelas X yang teruji kelayakan dan keunggulannya untuk mengukur literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan model Borg and Gall (2003). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes literasi matematika model PISA. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : 1) review dari ahli menyatakan instrumen tes literasi matematika model PISA yang berada pada kategori baik. 2) Hasil tanggapan peserta didik untuk aspek keterbacaan pada ujicoba one-to-one sebesar 90, 48% kategori sangat baik. 3) hasil uji validitas butir pada ujicoba luas diperoleh 33 butir valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,918. 4) hasil uji validitas konstruk diperoleh hasil bahwa setiap butir secara signifikan dapat mengukur 7 variabel literasi matematika, yaitu : komunikasi, matematisasi, menyajikan kembali, menalar dan memberi alasan, menggunakan strategi, menggunakan symbol, serta menggunakan alat matematika. 5) model konseptual literasi matematika model PISA yang dirancang berada pada kategori goodf fit dengan nilai RMSEA 0.019, CFI 0,91 dan GFI 1,00. 6) Instrumen tes literasi matematika model PISA Praktis kategori sangat baik dengan nilai sebesar 92%.

The aim of this research is develop mathematic literacy PISA Model test for students at least 15 years of age or tenth grade level high school students who tested the feasibility and superiority to measure mathematical literacy. Type of research is research and development by Borg and Gall (2003) model. Methods of data collection is using a questionnaire and mathematics literacy PISA model test. Data were analyzed as descriptive and quantitative analysis. The results are: 1) Review of expert stated that the instrument tes of literacy mathematical PISA models d in good category. 2) the validity of the test obtained extensive trial valid from 33 grains with value of reliability 0.9 18. 3) The construct validity showed that each grain significantly measuring 7 of mathematical literacy variables: communication, matematisasi, restate, give reasoning reason, using strategy, using symbols, and using mathematical tools. 4) Construct validity of the test results also obtain a conceptual model of literacy PISA mathematical models that are designed to be in the category of good fit with a RMSEA by 0.019, CFI by 0,91 and GFI of 1.00. 5) The result of user feedback (teacher) to aspects of practicality as much as 92% with very good category.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anisah, Zulkardi dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Sriwijaya, Volume 5 Nomor 1.

Azwar, S. 2012. Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ehmke, T., Elke W, and Müller-Kalhoff, K. 2005. “Comparing adult mathematical literacy with PISA students: results of a pilot study”. International Journal of Mathematic ZMD Volume 37 (3). http://subs.emis.de/journals/ZDM/zdm053a5.pdf diunduh pada tanggal 28 Januari 2014.

Gall, M.D., Gall, J.P., dan Borg, W. R. 2003. Educational research: An introduction (7th ed.). Boston. MA: A & B Publications diunduh dari http://www.netlibrary.com pada tanggal 6 September 2013.

Ghozali, I. dan Fuad. 2008. Structural equation modeling. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jurnaidi. 2012. Pengembangan Soal Model PISA Pada Konten Change And Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Palembang. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan Universitas Sriwijaya

Mardhiyanti, D., Putri, R.I.I., dan Nila Kesumawati, N. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Sriwijaya, Volume 5 Nomor 1.

National Council of Teacher Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM

Nieveen, Nienke.1999. Prototyping to Reach Product Quality. In J. vam den Akker,R Branch,K Gustafson, N Nieveen and Tj.Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 125-136). Dodrecht : Kluwer Academic Publisher

Ozgen, K. 2012. “An Analysis of High School Students’ Mathematical Literacy Self-efficacy Beliefs in Relation to Their Learning Styles.” Journal The Asian-Pasific Education Researcher, Volume 22, Issue 1, pp 91-100

OECD. 2009. Learning Mathematics for Life A View Perspective From PISA. Paris: The Organisation for Economic Co-operation and Development Publications

-----. 2010. PISA 2012 Mathematics Framework. Paris: The Organisation for Economic Co-operation and Development Publications

Ojose, B. 2011. “Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?” Journal of Mathematics Education,Volume 4, No. 1, pp. 89-100
Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Program Bermutu. 2011. “Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Rusilowati, A. 2011. “Psikologi Kognitif sebagai Dasar Pengembangan Tes Kemampuan Dasar Membaca Bidang Sains” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 13, Nomor 2.

Silva, Eva, Zulkardi dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Sriwijaya, Volume 5 Nomor 1.
Stacey, K. 2012. “The International Assessment Of Mathematical Literacy: Pisa 2012 Framework And Items”. 12th International Congress on Mathematical Education Program Name XX-YY-zz(pp. abcde-fghij) 8 July – 15 July, 2012, COEX, Seoul, Korea (This part is for LOC use only. Please do not change this part.)

Turner, R. and Adams, R. 2007. “The Programme for International Assessment: An Overview”. Journal of Applied Measurement, 8(3). Hal.237-248.

Yuzrizal. 2008. “Pengujian Validitas Konstruk Dengan Menggunakan Analisis Faktor”. Jurnal Tabularasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan,Volume.5 Nomor 1

Yore, L.D., David P., dan Hsiao-Lin T. 2007. “The Literacy Component of Mathematical and Scientific Literacy”. International Journal of Science and Mathematics Education, Volume 5, Issue 4, pp 559-589