PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBASIS TIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ibnu Wachyudi
Sukestiyarno -
Budi Waluya

Abstract

Penilaian guru terfokus pada ranah kognitif. Pemecahan masalah tersebut, peneliti mengembangkan instrumen Penilaian Unjuk Kerja (PUK). Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development bertujuan menghasilkan instrumen PUK pada pembelajaran matematika materi segitiga kelas VII dengan model problem solving berbasis TIK yang valid dan reliabel. Model pengembangan instrumen penelitian ini mengacu model Borg and Gall (2003: 271), yang disesuaikan. Instrumen PUK diterapkan pada model pembelajaran problem solving dengan empat langkah dan penyelesaian tugas rumah melalui e_mail.   Produk instrumen PUK ini divalidasi isi oleh 7 ahli dan praktisi. Instrumen yang dikembangkan diujicobakan, hasilnya menunjukkan: (1)Instrumen  PUK karakter tanggung jawab dan keterampilan memecahlan masalah valid oleh validator dan valid secara empiris diukur menggunakan analisa factor eksploratori, nilai loading factornya melampaui  cut off point (0,55). (2)Instrumen PUK kemampuan memecahkan masalah menggunakan uji product moment, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran, menunjukkan 6 butir soal valid dari 8 butir soal.  (3)Reliabilitas instrumen PUK karakter tanggung jawab dan keterampilan memecahkan masalah diuji menggunakan ICC, memenuhi kriteria yang ditetapkan ( > 0,70). (4)Reliabelitas instrumen PUK kemampuan memecahkan masalah diuji menggunakan  rumus Sperman-Brown, nilainya  0,810. Instrumen PUK dikembangkan terbukti valid, reliabel dan efektif

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alhusin, S. 2003. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS.10 for windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J.W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwipurwani, O, dkk. 2009. “Penerapan Analisa Faktor dalam Membentuk Faktor Laten yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya” Jurnal Penelitian Sain. No. 3A Vol. 12. Hal. 1 – 5
Gareis, R.C. 2007.”Reclaiming an Important Teacher Competency: The Lost Art of Formative Assessement”. J Pers Eval Educ. No. 20. Hal. 17–20
Margaret, W. & Brown, T. 2012. “Affective Productions of Mathematical Experience”. Educ Stud Math Vol. 80. Hal 185–199
Masrukan. 2013. Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang
Muhson, A. tanpa tahun. Penerapan Metode Problem solving dalam Pembelajaran Statistik lanjut. Tersedia online URL: http://staff.uny.ac.id/ system/files/penelitian/Ali%20Muhson,%20S.Pd.,M.Pd./Ali%20Muhson%20-%20Problem%20Solving.pdf. (Diunduh 11 Februari 2014)
Praslova, L. 2010. “Adaptation of Kirkpatrick’s four level model of training kriteria to assessment of learning outcomes and program evaluation in Higher Education”. Educ Asse Eval Acc. Vol. 22. Hal 215–225.
Stanislaw et al, 2012,“Teaching Methods for Modelling Problems and Students’ Task-Specific Enjoyment, value, Interest and Self-Efficacy Expectations”, Educ Stud Math Vol. 79. Hal. 215–237.
Sudiyatno. 2010. “Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Unjuk Kerja Peserta didik Pada Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi di SMK Teknologi Industri”. Disertasi . Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009.Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukestiyarno. 2004. Penerapan Strategi Berbasis Media dan Tehnologi dalam Mengajarkan Materi Matematika Perdana Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Laporan Penelitian Due Like UNNES
Utomo, U. 2012, “Model Asesmen Kompetensi Guru Seni Musik dalam Perspektif Pelasanaan Pembelajaran Berbasis Action Learning”. Disertasi. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Voogt, J. 2009. “How different are ICT-supported pedagogical practices from extensive and non-extensive ICT-using science teachers?”. Jurnal: Edu Info Tech. Vol. 14. Hal 325–343
Wardhani, S. 2004. “Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi”.Modul Pelatihan. Diklat Instruktur/ Pengembang Matematika SMK di PPPG Matematika Yogyakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika. Yogyakarta 7 s.d. 20 Juli 2004
Wardhani, S. 2010. “Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi”.Modul Matematika SD Program Bermutu. Yogyakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.
Widdiharto, R. 2004. “Model – Model Pembelajaran Matematika SMP”. Makalah. Diklat Instruktur/ Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar di PPPG Matematika. Yogyakarta, 10 s.d. 23 Oktober.
Zulaiha, R. 2007. Analisis Butir Soal Secara Manual. Jakarta: Pusat Penilaian Balitbang Depdiknas