PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PAKET BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI DIFERENSIAL KELAS X

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Isolihatun Isolihatun

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat pembelajaran model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) dengan Strategi PAKET yang valid, praktis, dan efektif  untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan nilai karakter. Perangkat yang dikembangkan adalah valid dengan analisis validasi perangkat pembelajaran materi diferensial. Pengambilan data melalui pemberian tes dan observasi. Data tes yang diolah dengan uji ketuntasan belajar dan uji beda rata-rata. Pengembangan perangkat pembelajaran CPBL menghasilkan perangkat pembelajaran yang praktis dengan analisis keterlaksanaan RPP, respon guru, respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran CPBL menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid. (2) Perangkat pembelajaran efektif  karena memenuhi tuntas belajar klasikal 75 %, rata-rata prestasi belajar kelas yang diajar dengan model CPBL lebih baik dari kelas yang diajar dengan ekspositori dan pengamatan nilai karakter kreatif, mandiri, kerja keras, dan rasa ingin tahu terhadap 36 peserta didik; (3) Pengembangan perangkat pembelajaran CPBL menghasilkan perangkat pembelajaran yang praktis.

Abstract

The purpose of  this study is to development research which aims to get the valid, practical, and  effective CPBL learning device to increase the students’ achievement and character building valve. The valid device is developed by using the defference learning material. The data collect is carrier out through observation and  the test data is processed into learning comprehensi-veness and equivalent test. The development of  packet strategy Cooperative Problem Based Learning device result practice device by using the implementation of  lesson plan, teachers response and student’s response.The result shows: (1) The CPBL learning equipment develop-ment produced a valid learning equipment.; (2)  Learning equipment is proven to be effective because it has fullfilled the classical possing grade which is 75%, the average observation ac-tivity related to the valves of  creative, independen, hardwork, curiosity character towards 36 student’s; (3) The development of  CPBL learning equipment produced a practical learning equipment which is practical.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##