PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BERPENDEKATAN SETS MATERI KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EMPATI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Peningkatan kualitas SDM dapat melalui peningkatan keterampilan berpikir kritis. Menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan empati siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran kimia melalui pengembangan perangkat model pembelajaran inkuiri berpendekatan SETS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran model inkuiri berpendekatan SETS yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan empati siswa terhadap lingkungan mencapai kriteria valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan modifikasi Model 4-D, tanpa disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Silabus yang dikembangkan 3,57; nilai rata-rata RPP yang dikembangkan 3,67; nilai rata-rata buku ajar siswa 3,73; nilai rata-rata LKS yang dikembangkan 3,78; dan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis dan empati terhadap lingkungan 3,59. Proses pembelajaran kimia dengan model inkuiri berpendekatan SETS untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis ditandai dengan peningkatan skor rata-rata pre test dan post test di tiap indikator berpikir kritis yaitu 29,45 menjadi 77,08. Skor rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis pada kegiatan diskusi praktikum sebesar 81,10. Peningkatan nilai pre-post test N-gain sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Tercapainya KKM prestasi belajar siswa secara klasikal 83% dan individual lebih dari atau sama dengan 76. Skor rata-rata empati siswa terhadap lingkungan selama kegiatan praktikum 82,08.
abstract
One of the efforts to improve the quality of education is improving the quality of human resources (HR). Improving the quality of human resources is focused on critical thinking skills. Inquiry learning model with SETS approach in chemistry learning is an effort to foster students’ critical thinking skills and empathy to the environment through chemistry learning. The research objective is to develop learning aid of inquiry model SETS approach that fosters critical thinking skills and student’s empathy for the environment that reached valid criteria. The type of research used was the research and development using a modified 4-D model, without disseminate. The research results show that the average score of Syllabus developed is 3,57; the the average score of lesson plan (RPP) developed is 3,67; the average score of stu-dents’ books developed is 3,73; the average score of worksheet (LKS) developed is 3,78, and the average score of critical thinking skills tests is 3,59. The process of chemistry learning by the inquiry model with SETS approach to foster critical thinking skills is indicated by the increase of the average score in pre test and post test for each critical thinking indicator from 29,45 to 77,08. The average score of critical thinking indicator in experiment discussion activity is 81,10. The increase of pre-post test N-gain score is 0,72 with the criteria of high. The achievement of students’ Minimum Completion Criteria (KKM) is 83% classically and more than or the same as 76 individually. The average score of students’ empathy to the environment during the experiment activity is 82,08.