Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940–3949.
Aziz, A. L., Musadieq, M. Al, & Susilo, H. (2013). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Terhadap Kemanfaatan pada Sikap Pengguna E-Learning. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1–7.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.
Basilaia, G., Dgebuadze, M., Kantaria, M., & Chokhonelidze, G. (2020). Replacing the Classic Learning Form at Universities as an Immediate Response to the COVID-19 Virus Infection in Georgia. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology (IJRASET), 8(3), 101–108.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Hafida, Lilih, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2).
Handayani, N. A., & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233.
Hasan, A. A. A. (2022). Effect of Rubric-Based Feedback on the Writing Skills of High School Graders. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(1), 49–58.
Haryanto, Agus Tri. (2021). Kecepatan Internet Indonesia Anjlok di Dunia. DetikInet.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Keaton, W., & Gilbert, A. (2020). Successful Online Learning: What Does Learner Interaction with Peers, Instructors and Parents Look Like? Journal of Online Learning Research, 6(2), 129–154.
Khasawneh, M. A. S. (2022). The Relationship of Curriculum, Teaching Methods, Assessment Methods, and School and Home Environment with Learning Difficulties in English Language from the Students’ Perspectives. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(1), 41–48.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.
Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949–959.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33.
Novianty, Dythia & Prasetya, Dicky. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 202,6 Juta Orang. Suara.com.
Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 416–433.
PH, L., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Prasani, A., Herdiyanti, D., Puspita, L., & Walid, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Materi Pembelajaran IPA Kelas IX SMPN 18 Kota Bengkulu. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 246–253.
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.
Pribadi, B., & Assidiq, Y. (2021). Siswa di Desa Reksosari Kini Bisa Akses Internet Dukung PJJ. Republika. Diakses pada 14 Desember 2021
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.
Ruth, E. (2013). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara Description of Internet Quality of Services ( Qos ) in Indonesia From the Providers ’ Point of View. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(2), 137–146.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224.
Saifuddin, Anwar. (2005). Penyusunan Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 1–3.
Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2021). Effectiveness of Online Learning in the Covid-19 Pandemic. The 2nd International Conference on Inovations in Social Sciences Education and Engineering (ICoISSEE), 73–
Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra, 1(2), 1–7.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.
Yasir, M., Suarman, S., & Gusnardi, G. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Pekbis, 9(2), 77–90.
Yudiawan, A., Sunarso, B., Suharmoko, Sari, F., & Ahmadi. (2021). Successful online learning factors in Covid-19 era: Study Of Islamic higher education in West Papua, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 193–201.
Zakiah, D., & Mariah, Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi dan Kepuasan Belajar Taruna/i Jurusan Teknika STIP Jakarta. Prosiding Seminar Pelayaran Dan Teknologi Terapan, 2(1), 19–25.