Amrulloh, R. 2013. Kelayakan Teoritis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Materi Mutasi untuk SMA. BioEdu, 2(2), 134-136.
Anggraini, I. S. 2016. Motivasi belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh: sebuah kajian pada interaksi pembelajaran mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(02), 100-109.
Cholisoh, L., Fatimah, S., & Yuniasih, F. (2015). Critical Thinking Skills in Integrated Science Learning Viewed from Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 134-141.
El Soufi, N., & See, B. H. 2019. Does explicit teaching of critical thinking improve critical thinking skills of English language learners in higher education? A critical review of causal evidence. Studies in Educational Evaluation, 60, 140-162.
Gafar, A. 2014. Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola dengan Media Gambar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 13-23.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hapsari, C. M. 2013. Efektivitas komunikasi media booklet “Anak Alami” sebagai media penyampai pesan gentle birthing service. Jurnal E-Komunikasi, 1(3), 264-275.
Hasruddin, H. 2009. Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Tabularasa, 6(1), 48-60.
Johnson, Elaine. 2010. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama
Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. 2014. The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17 (1), 248–258.
Karim, A. 2017. Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Di SMPN 4 Rumbio Jaya. PEKA, 5(1), 1-12.
Keller, J. M. 1987. Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of instructional development, 10(3), 2-10.
Kemendikbud. 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di https://pusdiklat.perpusnas.go.id. [diakses 06-04-2021]
Mahendrani, K., & Sudarmin, S. 2015. Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(2), 865-872.
Mustafa & Efendi. 2016. Desain Gambar Bahan Ajar. Jurnal Estika, 1(4): 1- 10.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. 2019. Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72.
Nugroho, S., Suparmi, & Sarwanto. 2012. Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Rill dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3): 235-244.
Prafitasari, N. F., & Sulistyarsi, A. 2020. Penyusunan Modul Bioteknologi Berbasis Riset. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 2(5), 395-401.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. 2020. Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.
Ridha, S., Putri, E., & Kamil, P. A. 2019. Desain Model Konseptual Bahan Ajar SIG Berbasis Spatial Thinking Menggunakan Pendekatan ADDIE. Jurnal Georafflesia Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 4(2), 111-126.
Rosyidah, A. N., Sudarmin, S. S., & Siadi, K. K. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2(1), 133-139.
Sudarma. 2015. Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, D., & Siagian, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 187-200.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System
Utami, D. 2015. Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232-241.
Wagner, P. T. Rigor Redefined. 2010. Overcoming the Global Achievement Gap. Yrittäjyyskasvatus Perus-ja Toisella Asteella, 107-123. Tersedia di https://opinkirjo.fi/wp-ontent/uploads/2018/12/yrittajyyskasvatus_perus_ja_ toisella_asteella.pdf#page=106
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa 16(1), 1-14