Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 57-67.
Amalia, S., Mun'im, A., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Smp Negeri 15 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1).
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 Cetakan 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Asy’ari, M., Ikhsan, M., & Muhali. (2018). Validitas instrumen karakterisasi kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru fisika. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 18-26.
Cetin, B. (2015). An Investigation of Teacher Candidates’ Metacognitive Skills According to Their Year of Study at Canakkale. Academic journal : Educational research and reviews, 10 (1), 10 – 16.
Chin, C. E., & Brown, D. E. (2000). Learning in Science: A Comparison of Deep and Surface Approaches. Journal of Research in Science Teaching, 37 (2), 109–138.
Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendidikan multikultural menggunakan permainan untuk mengembangkan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 5(1).
Donham, J. (2010). Creating Personal Learning Through Self Assessment. Teacher Librarian, 37(3), 14.
Febrianti, Erta A. (2020). Desain Instrumen Tes untuk Mengukur Metakognisi Peserta Didik pada Materi Asam Basa. Skripsi, Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Ferdiana, S., Rinnie, P, P, & Widowati, B. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbahasa Inggris Tipe Integrated dengan Tema Mengamati Jasad Renik dalam Setetes Air untuk Kelas VII SMP. Jurnal BioEdu, 2(1), 31-34.
Grotzer, T., & Mittlefehldt, S. (2012). The role of metacognition in students’ understanding and transfer of explanatory structures in science. In Metacognition in science education. Springer, Dordrecht.
Haryani, S. (2012). Membangun Metakognisi dan Karakter Calon Guru Melalui Pembelajaran Praktikum Kimia Analitik Berbasis Masalah. Semarang: UNNES Press.
Haryani, S., Wijayati, N., & Kurniawan, C. (2018). Improvement of Metacognitive Skills and Students’ Reasoning Ability Through Problem-Based Learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012174.
Herlanti, Y., Mardiati, Y., Wahyuningtyas, R., Mahardini, E., Iqbal, M., & Sofyan, A. (2017). Discovering learning strategy to increase metacognitive knowledge on biology learning in secondary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (1).
Kainde, E. W., & Tahya, C. Y. (2020). Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 49-56.
Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Parama Publishing.
R. Asriningrum, dkk. (2013). Pengembangan Self Assessment sebagai Alat Evaluasi Karakter Berbasis Konservasi pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Fmipa Unnes. Unnes Physic Education Journal, 2(3), 41-46.
Safitri, R. K., & Dewi, N. R. (2020). The Development of Diagnostic Test with Testlet Model to Detect Difficult Learning Students in Temperature and Its Changes Materials. Unnes Science Education Journal, 9(2), 98110.
San Fauziya, D., & Suhara, A. M. (2015). Evaluasi Pembelajaran melalui Penulisan Jurnal Reflektif Berbasis Penilaian Diri di PBS. Indonesia STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 46-52.
Scarvia B. Anderson, Samuel Ball, Richard T. Murphy, and Associates. (1975). Encyclopedia of Educational Evaluation.San Fransisco: Yessey Bass, Inc Publishers. Schraw, G. (2009). Measuring Metacognitive Judgement. In D. J. Hacker, J. Dunlosky, & A. C. Graesser (Eds.), Handbook of Metacognition in Education. New York : Routledge Taylor & Francis.
Schraw, G., Olafson L., Weibel M., Sewing D. (2012). Metacognitive Knowledge and Field Based Science Learning in An Outdoor Environmental Education Program. In A. Zohar & Y. J. Dori (Eds.), Metacognition in Science Education:Trends in Current Research. Dordrecht Heidelberg London. New York : Spriger.
Septiyana, K. (2012). Penerapan Jurnal Belajar Sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen Unnes Journal of Biology Education, 2(1), 1-9.
Spiller, Dorothy. (2009). Assessment: Feedback to Promote Student Learning. New Zealand: Teaching Development Unit The University of Waikato.
Syafa'ah, H. K., & Handayani, L. (2015). Pengembangan metacognitive self– assessment untuk mengukur keterampilan berpikir evaluasi dalam membaca teks sains berbahasa Inggris. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).
Uno, Hamzah B., Koni, Satria. (2012). Assesement Pembelajaran Ed.1, Cet.3. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahyuningsih, S. (2015). Pembelajaran IPA Berpendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Ilmiah Siswa. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.
Wijayanti, Anisa. (2017). Efektivitas Self Assesement dan Peer Assesement dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita, 15 (2).
White, B. Y., & Frederiksen, J. R. (1998). Inquiry, modeling, and metacognition: Making science accessible to all students. Cognition and Instruction, 16 , 3–118.
White, B. Y., & Frederiksen, J. R. (2000). Metacognitive facilitation: An approach to making scientifi c inquiry accessible to all. In J. L. Minstrell & E. H. Van-Zee (Eds.), Inquiry into inquiry learning and teaching in science, 331–370. Washington, DC: AAAS.
White, B. Y., Shimoda, T. A., & Frederiksen, J. R. (2020). Metacognition and Learning Through Inquiry. Computers As Cognitive Tools, 2, 114.
Zammi, M., Endang, S., Kasmadi, I. S. (2018). Pengembangan Instrumen Self Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Kimia. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 37-41.
Zohar, A. (1994). Teaching a thinking strategy: Transfer across domains and self-learning versus class-like setting. Applied Cognitive Psychology, 8 , 549–563.