Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangan model penanaman pendidikan karakter berbasis nilai kehidupan sosial di Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and development (R&D). Dengan lokasi penelitian  adalah Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa penanaman pendidikan karakter di MTs Manba’ul ulum menerapkan pendidikan karakter pada nilai religius, hal ini dikarenakan MTs Manba’ul Ulum merupakan sekolahan berbasis agama. Nilai keagamaan meliputi solat dhuha, solat duhur berjama’ah pesantren kilat dan solat idul adha. Penggunaan model penanaman pendidikan karakter berbasis nilai sosial belum pernah dilaksanakan karena kurangnya pedoman pelaksanan model bagi guru. Model penanaman pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kehidupan sosial adalah model penanaman yang diawali dengan melakukan pengamatan pendidikan karakter yang ada dalam lokasi penelitian, kemudian mengidentifikasi permasalahan yang ada, dilanjutkan dengan melengkapi data untuk memecahkan permasalahan

 

The purpose of this research is developing a model-based character education planting value of social life in the Islamic. The method used in this research is the method Research and development (R & D). With the study site is Islamic in Kudus. The conclusions of this study stated that the cultivation of character education in MTs Manba'ul uluum implement character education in religious values, this is because the MTs Manba'ul Ulum is faith-based schools. Religious values include Duha prayer, prayer in congregation duhur boarding lightning and Eid al-Adha prayers. The use of a model-based character education planting social values have not been implemented due to lack of guidelines for the conduct of a model for teachers.Model-based character education planting values of social life is a model of planting begins by observing the character education in the study site, then identify existing problems, followed by complete data to solve problems.