Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi  metode cooperative learning model Think-Pair-Share dalam pembelajaran IPS, dan (2) menganalisis dampak  implementasi metode cooperative learning model Think-Pair-Share dalam pembelajaran IPS di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kaulitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitain adalah siswa kelas VII MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan interactive analysis models.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cooperative learning model Think-Pair-Share dapat diimplementasikan secara tepat, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya. Implementasi metode cooperative learning model Think-Pair-Share berdampak positif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, perbaikan suasana pembelajaran, maupun peningkatan hasil belajar para siswa. Kepada para guru MTs dan SMP disarankan dapat menggunakan metode cooperative learning model Think-Pair-Share dalam setiap pembelajaran IPS.