EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HIGIENE PRIBADI SANTRIWATI

  • saikha zuhda fitriayunda semarang state university

Abstract

Latar Belakang: Pondok Pesantren Darul Khadlonah Kabupaten Pekalongan merupakan pondok pesantren sekaligus panti asuhan yang memiliki masalah higiene pribadi paling buruk (100%). Data studi pendahuluan menunjukkan bahwa 30 santriwati mengalami keputihan dengan frekuensi sering sebanyak 18 santriwati (60%) dan frekuensi jarang sebanyak 12 santriwati (40%).
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan sampel sebanyak 30 santriwati yang diambil melalui teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil: Hasil penelitian pada siklus I dan II, snowball throwing efektif meningkatkan pengetahuan (p value<0,05), pada siklus I tidak efektif mempengaruhi sikap (p value>0,05), namun dapat mempengaruhi sikap pada siklus II (p value<0,05) dan praktik di siklus I (p value<0,05). Pada siklus II, menunjukkan bahwa snowball throwing tidak efektif mempengaruhi praktik higiene pribadi santriwati (p value>0,05). Skor rata-rata pretest dan posttest pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Simpulan: Model pembelajaran snowball throwing efektif meningkatkan pengetahuan pada siklus I, mempengaruhi sikap pada siklus II, dan mempengaruhi praktik higiene pribadi santriwati pada siklus I.

Published
2017-11-14
Section
Articles