PENGARUH MODEL PEER EDUCATION DENGAN METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMILIH MAKANAN JAJANAN

  • Een Kusumaningtyas Semarang State University

Abstract

ABSTRAK

Salah satu faktor yang mempengaruhi anak sekolah dasar dalam pemilihan makanan jajanan adalah pengetahuan, di SDN Ngadirgo 03 Mijen ada 38 (58%) siswa  memiliki pengetahuan kurang. Penelitian ini menggabungkan model pendidikan sebaya dengan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari model peer education dengan metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam pemilihan makanan jajanan di SDN Ngadirgo 03 Mijen Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan pretest-posttest design with control grup. Sampel penelitian terdiri dari 55 siswa kelompok eksperimen dan 55 kelompok kontrol. Teknik analisa data menggunakan uji statistik non parametrik Mc Nemar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai P value sebesar 0,001 <0,005 sehingga Ho ditolak, berarti ada pengaruh dari model peer education dengan metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam pemilihan makanan jajanan. Saran sebaiknya sekolah dapat menerapkan metode storytelling, baik sebagai metode pembelajaran maupun pemberian informasi kesehatan kepada siswa.

Kata Kunci : Peer education, Storytelling, Pengetahuan, Siswa sekolah dasar, Pemilihan Makanan Jajanan.

Published
2016-08-11
Section
Articles