PENGARUH ADVERTENSI DAN PUBLIKASI TERHADAP KETERSERAPAN INFORMASI PADA SOSIALISASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA SEMARANG
Abstract
Jumlah Peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Jawa Tengah bulan April 2014 sebesar 53%. Survey pendahuluan mencatat 92,9% responden belum paham terhadap sosialisasi program JKN, 57% responden belum terdaftar sebagai peserta program JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertensi dan publikasi  terhadap keterserapan informasi pada sosialisasi program jaminan kesehatan nasional di kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling secara probability cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis multivariat antara variabel advertensi dan publikasi terhadap variabel keterserapan informasi, dengan software SPSS 20. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 90% menunjukkan bahwa advertensi berpengaruh terhadap keterserapan informasi (p=0,058). Demikian juga dengan publikasi berpengaruh terhadap keterserapan informasi ( p=0,002 ).
Kata kunci: Advertensi, Publikasi, Keterserapan informasi, Jaminan Kesehatan Nasional.