Rancang Bangun Boiler untuk Modernisasi pada Industri Tahu dengan Menggunakan Autodesk Inventor

  • Feri Feri Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Habib Bayu Isninda Yahaya Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Algifar Aldrinova Aleihydro Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bagus Prakoso Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Steam Boiler, Watertube Boiler, Produksi Tahu, Autodesk Inventor, Modernisasi, Rancang Bangun

Abstract

Mayoritas produsen tahu masih menggunakan dandang sebagai perebus yang berisiko merusak kualitas tahu. Untuk mengurangi resiko dan kerugian yang disebabkan oleh hal tersebut, maka dirancanglah konstruksi boiler yang aman dengan standar perancangan ASME (American Society of Mechanical Engineers). Metode yang digunakanan dalam penelitian ini merupakan Research and Development  dengan bantuan perangkat lunak (software) yang mampu menganalisa karakteristik suatu model. Konstruksi boiler dirancang dengan standar ASME (American Society of  Mechanical Engineers), selanjutnya mendesain boiler pada Autodesk Inventor dan analisis statis boiler yang dilakukan dengan beban dan temperatur yang diasumsikan sebagai obyek penelitian dengan menekankan pada subjek displacement dan stress pada konstruksi boiler.  Hasil penelitian didapatkan spesifikasi boiler jenis boiler mendatar (horizontal steam boiler)  dengan tekanan uap operasi 2 bar dan tekanan internal perancangan 6 bar. Dimensi boiler diameter 600 mm, panjang 1200 mm. Bahan bakar menggunakan kayu bakar dan juga volume air maksimal yang dapat diisikan dalam boiler hingga 113,1 liter. Material yang digunakan untuk plat yaitu Plat stainless steel 304 5 mm.

References

A. F. (2023, February 17). Megah Anugerah Energi. Retrieved from Solar Industri: https://solarindustri.com/blog/apa-itu-boiler/
BIDURA, G. (2017). TEKNOLOGI PAKAN TERNAK ASPEK TEKNIS PEMBANGUNAN PABRIK PAKAN. DENPASAR: UNIVERSITAS UDAYANA.
Effendy, D. A. (2013). Rancang Bangun Boiler Untuk Proses Pemanasan Sistem Uap pada Industri Tahu dengan Menggunakan Autodesk Inventor.
EonChemicals. (2021). EON CHEMICAL SOLUTION. Retrieved from Eon Chemicals: https://www.eonchemicals.com/artikel/prinsip-kerja-boiler/
Jaya, A., Muliadin, A., Darmawan, I., Andriani, T., Aryanto, N., & Hidayatullah, M. (2021). Desain Steam Boiler Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Skala Kecil Menggunakan Autodesk Inventor 2017. Jurnal Fisika Flux.
Jhonas, P. J. (2016). Perancangan Boiler Pipa Api Untuk Perebusan Bubur Kedelai Pada Industri Tahu Kapasitas Uap Jenuh 160 Kg/jam. Jurnal Mahasiswa Teknik UPP.
Nugroho, A. F., Iskandar, N., & Irawan, O. W. (2021`). Perencanaan Ulang Tube Boiler Type AL-LSB-6000 pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas CEPU. JURNAL TEKNIK MESIN.
Rahmawati, K. (2018). PERANCANGAN DESAIN BOILER PADA MINI PLANT STEAM ENGINE UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP. SURABAYA: INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER.
Sa'diyah, H., Alfiyah, H. Y., AR, Z. T., & Nasaruddin. (2020). MODEL RESEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2023-04-17
How to Cite
Feri, F., Yahaya, H. B., Aleihydro, A., & Prakoso, B. (2023). Rancang Bangun Boiler untuk Modernisasi pada Industri Tahu dengan Menggunakan Autodesk Inventor. Jurnal Inovasi Mesin, 5(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/jim.v5i1.69995
Section
Articles