Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi subjek guna meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama mahasiswa calon guru Fisika. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-postest, LKM, lembar observasi dan angket. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa penggunaan materi subjek efektif meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan n-gain sebesar 0.39, kemampuan berkomunikasi dengan skor rata-rata 84,01 dan kemampuan bekerjasama dengan skor rata-rata 91,1. Sajian  materi subjek juga mendapatkan respon positif dari mahasiswa sebesar 81,94%. Berdasarkan hasil penelitian, materi subjek efektif  dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran.

 

The aim of this study was to develop the subject matter in order to improve ability to solve problems, communication, and teamwork of preservice teacher. Method of research is a development with three stages: a preliminary study, design stage, and development stage. Test subject in this study were fifth semester with 27 students. Data collection using pretest-postest, student worksheets, observation sheets and questionnaires. Results of field trials showed that use of the subject matter effectively improve ability to solve problems with n-gain value 0,39, mean score of communication is 84,01 and mean score of teamwork is 94,1. Serving the subject matter also received a positive response from students at 81.94%. Based on research the subject matter is practical and  effectively to apply in the learning.