PENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI (SPM) MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DAN STRUKTUR ATOM
Abstract
Sistem periodik unsur (SPU) dan struktur atom merupakan materi yang abstrak dan paling mendasar dalam ilmu kimia. Penggunaan multimedia pembelajaran berupa software pembelajaran mandiri (SPM) adalah salah satu cara alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini meneliti aspek-aspek yang dimiliki oleh SPM yang efektif dan efisien. Diharapkan penggunaan multimedia pembelajaran berupa SPM ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu: penetapan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Pengembangan dilakukan melalui proses validasi pada para ahli SPM, uji skala kecil pada siswa dan uji skala besar di kelas. Tahap penyebaran dilakukan dengan membagikan produk yang dikembangkan pada guru-guru kimia di Kabupaten Brebes. Perbaikan SPM dilakukan berdasarkan validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar di kelas. Hasil uji skala besar di kelas menunjukkan adanya perbedaan rata-rata post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji peningkatan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih besar pada kelas eksperimen. Ini berarti bahwa SPM dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara lebih baik. SPM yang efektif dan efisien memilik aspek desain pembelajaran, desain komunikasi visual (DKV) dan rekayasa perangkat lunak (RPL). Diharapkan pengembang SPM lebih fokus pada salah satu bahasa pemrograman sebuah software dengan memanfaatkan forum-forum internet.
Periodic table system and atomic structure is an abstract topic and most fundamental material at chemistry subject. Applying self-learning software (SLS) as an educational multimedia is an alternative way to increase students learning outcome. Research will find effective and efficient aspects of SLS. Applying SLS hope to be able to increase learning outcome. Research and development done through four steps, i.e: decided, designed, developed and disseminated. Decision and design done during SLS produced. Development done by the expert validators, small test for students and real test in the classroom. Dissemination done by distribute developed product to chemistry teacher in Brebes district. Based on experts validator, small test for students and real test in the classroom, SPM revision done. The result of real test in the classroom show the differences of post test average between control and experiment class. Increasing test showed bigger learning outcome increasing of experiment class than control class. An effective and efficient SLS contains three aspects, i.e: educational design, visual communication design and software engineering. Focused on one of the programming language by using internet forums was recommended for SLS developer.