Abstract

Penelitian jenis R&D ini bertujuan untuk mengembangkan LKS kegiatan laboratorium inkuiri yang layak digunakan dalam pembelajaran. Tahap-tahapan yang dilakukan meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) uji produk skala terbatas. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa ketersediaan bahan ajar sebagai sarana pembelajaran di laboratorium belum mendukung proses pembelajaran secara mandiri. Kegiatan laboratorium dilakukan dengan mengikuti panduan seperti ‘cookbook’, dilengkapi dengan langkah-langkah rinci. Siswa hanya mengikuti langkah-langkah yang telah dituliskan untuk melakukan percobaan. Untuk itu, perlu adanya LKS yang memungkinkan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui percobaan yang mereka rancang sendiri. Hasil pengembangan produk berupa LKS diuji kelayakannya oleh tiga orang ahli. Lembar kerja siswa kegiatan laboratorium inkuiri memperoleh kriteria layak dengan nilai 3,53 dari nilai maksimal 4.


 


This research aims to develop aneligible worksheets for inquiry laboratory activities. Research steps consisted of: (1) preliminary study, (2) product development, and (3) limited scale product trial. Result of preliminary study showed that the availability of teaching materials in the laboratory hasn’t support the learning process independently. Laboratory activities carried out by following the guidelines as 'cookbook', with detailed steps. Students just follow the steps for doing experiment. Need for worksheets that enable to construct knowledge’s student through experiments that their own design. The product development was worksheets tested for eligibility by three experts. Inquiry laboratory activities worksheets obtain eligibility value 3.53 of the maximum value of 4 with eligible criteria