Analisis Pola Pikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Literasi Sains
Abstract
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh kemampuan berpikirnya yang menentukan bagaimana seseorang memecahkan masalah, membuat keputusan, dan memahami sesuatu.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sains ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan literasi sains siswa. Penelitian dilakukan di SMA N 2 dan SMA N 5 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan pada 12 siswa dari kedua sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu diawali dengan memberikan tes menggunakan soal PISA yang berjumlah 10 unit soal dan dilanjutkan dengan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif tinggi. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif tinggi juga memiliki literasi sains yang tinggi. Dapat disimpulkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif tinggi memiliki pola berpikir, mengidentifikasi dan merumuskan masalah, mengidentifikasi bukti dan fenomena ilmiah, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan kesimpulan.
Student’s ability in solving a problem is influenced by their thinking ability, which determined their problem solving, making decision, and understanding something. The aim of this research is to describe students’ thinking pattern in solving science problem based on critical and creative thinking ability, and literacy science. The research was doing in two senior high school, those are 2 Senior High School Semarang and 5 Senior High School Semarang period 2016/2017. This research was doinginto 12 students from each school. Data collection techniques using test, interview, and documentation methods. The research did held in two steps, first by giving test using 10 units PISA tests and continued by doing the interview. The result shows mostly students who have high critical and creative thinking ability have high science literacy too. The conclusion is students with high critical and creative thinking ability have thinking pattern such as, identify the problem, identify the evidence and scientific phenomenon, making conclusion, and communicating the conclusion.