Abstract

Kesesuaian pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil dari implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tangerang pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pelajaran biologi.   Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaannya tergolong dalam kategori baik, kesesuaian strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori cukup baik, tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa termasuk kategori cukup baik dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran memperoleh tanggapan baik. Disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran biologi di MAN se-Kabupaten Tangerang telah berjalan dengan baik.


Suitability of lesson plan (RPP) to the Biology learning implementation in developing of student critical thinking skills necessary to support the successful implementation of Curriculum 2013. The purpose of this study is to know the results of the implementation of Curriculum 2013 in developing the critical thinking skills of students in the subjects of biology. The method used in this study is a qualitative research with case study method. This study took place in Madrasah Aliyah throughout Tangerang regency in the second semester of academic year 2016/2017. Sources of data in this research is a biology teacher. Data collection techniques used consists of observation, interviews, documentation and student questionnaire responses. The results showed correspondence between the RPP and the implementation fall into either category, the suitability of the strategy of teachers in developing the critical thinking skills of students in the category quite well, the level of adherence to the learning those develop critical thinking skills of students categorized as good enough and the students respond to the learning gained good responses. It can be concluded that the implementation of the curriculum in 2013 to develop critical thinking skills in biology at MAN se-Tangerang have been going well.